2Th BaskomNews : “Tampil Lebih Menarik, Tetap Kritis Dinamis dan Berbeda”

oleh -
Ade Kosasih SE, Pimred BaskomNews.com.

CARPE diem, quam minimum credula postero (petiklah hari dan percayalah sedikit mungkin akan hari esok).

Jika diperbolehkan meminjam kalimat dari Quintus Horatius Flaccus (Horace), seorang penulis puisi (poet) pada zaman kaisar Agustus tahun 65-68 SM, setiap perjalanan hidup seseorang tentu akan ditentukan dari langkah awal tentang bagaimana ia memulainya.

Begitu pun dengan eksistensi Media Online BaskomNews.com, dengan tagline “Informasi Berita, Menarik dan Terhangat”, di usianya yang menginjak ke 2 tahun (22 September 2017-22 September 2019), kini BaskomNews hadir dengan ‘perwajahan’ yang berbeda. Perwajahannya yang lebih menarik dan lebih simple, namun tetap akan menghadirkan ciri khasnya sebagai media yang kritis, dinamis dan berbeda.

Mari Kembali Berkenalan

Di usianya yang ke 2 tahun, BaskomNews.com tidak hanya saja melakukan perubahan perwajahan dari sisi bentuk Webiste yang ditampilkan. Namun, BaskomNews juga telah melakukan perubahan pada ‘tulisan logo’ yang baru.

Sebelumnya, logo dan tulisan pada logo BaskomNews.com seperti di bawah ini :

Logo BaskomNews sebelumnya.

Empat bentuk kaki berwarna-warni pada logo di atas mengartikan bahwa sesungguhnya BaskomNews merupakan media online yang awalnya hanya sekedar Baskom, ‘berita komunitas’ yang mewadahi beragam aspirasi masyarakat kreatif, kritis, serta memiliki sifat dinamis.

Tulisan ‘Baskom’ berwarna hitam mengartikan, bahwa berita-berita yang disuguhkan BaskomNews senantiasa akan mengedepankan sifat intelektualisme. Sehingga berita-berita yang disuguhkan akan senantiasa mencerdaskan masyarakat atau para pembacanya.

Sementara tulian ‘News’ yang berwarna merah mengartikan, bahwa suguhan berita-berita yang ditampilkan bersifat up to date, menarik dan terhangat. Dan ‘dua cambuk’ di atas tulisan ‘Baskom’ mengartikan, bahwa berita-berita yang disuguhkan BaskomNews akan selalu menampilkan dua sisi yang berbeda. Suguhan berita yang berimbang, dengan simbol cambuk besar dan cambuk kecil yang memiliki makna filosofi bahwa BaskomNews akan tetap mengedepankan kepentingan umum/kepentingan publik (cambuk besar) di atas kepentingan pribadi/kepentingan perusahaan sebagai perusahaan media (cambuk kecil).

Perwajahan BaskomNews sebelumnya.

Makna logo tulisan BaskomNews.com yang Baru

Empat bentuk kaki berwarna-warni tetap akan menjadi simbol BaskomNews yang tidak akan dihilangkan. Sehingga BaskomNews akan tetap menjadi media online yang mewadahi beragam aspirasi masyarakat kreatif, kritis, serta memiliki sifat dinamis.

Meskipun tidak diterapkan dan disandingkan dengan logo BaskomNews yang baru pada tampilan Website-nya, namun simbol empat bentuk kaki berwarna-warni ini akan tetap menjadi ciri khas BaskomNews.com.

Berikut logo BaskomNews.com yang baru :

Tulisan ‘Baskom’ pada logo awal berwarna hitam yang memiliki makna intelektualisme, kini telah berubah menjadi warna biru cerah. Artinya, perjalanan dalam suguhan berita-berita BaskomNews yang dikemas untuk mencerdaskan para pembacanya, kini di usianya yang ke dua tahun BaskomNews memiliki cita-cita lebih tinggi (setinggi langit), sebiru cita-cita BaskomNews untuk menjadi media terdepan pilihan masyarakat.

Sementara tulisan ‘News’ berwarna merah tetap memiliki makna seperti logo pertama, yaitu dimana berita-berita yang disuguhkan BaskomNews akan bersifat up to date, menarik dan terhangat.

Perbeda’annya, tulisan tagline ‘Informasi Berita, Menarik dan Terhangat’ yang awalnya berada di bahwa tulisan BaskomNews, pada logo terbaru ini naik ke atas. Yaitu dengan makna, di usianya ke 2 tahun ini BaskomNews sudah bukan lagi waktunya untuk merangkak dan melangkah. Melainkan akan ‘terbang’ untuk menjadi salah satu media online terpercaya bagi masyarakat dan para pembacanya. Tentu saja dengan suguhan berita-berita yang lebih berkualitas.

Sementara ‘makna filosofi’ Media Online BaskomNews.com tetap akan menjadi media yang mewadahi semua aspirasi pembangunan dan suara masyarakat.

Perwajahan BaskomNews terbaru saat ini.

Di usianya yang ke 2 tahun, kami dari jajaran manajemen dan redaksi BaskomNews.com ini mengucapkan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat, khususnya para pembaca setia yang selama ini menjadikan BaskomNews.com sebagai referensi berita dan informasi setiap harinya.

Kami menyadari, jika tantangan dunia industri media ke depan akan semakin besar, kompleks dan dinamis. Hal ini tidak lepas dari adanya perkembangan zaman, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Sehingga tidak sedikit perusahaan media cetak kini mulai beralih kepada media online atau siber.

“Yang akan bertahan hidup bukanlah spesies yang paling kuat, bukan pula yang paling pintar. Akan tetapi yang paling mampu berubah”.

Kembali meminjam ungkapan Charles Darwin yang sempat saya tulis satu tahun sebelumnya saat momentum 1 tahun usia BaskomNews.com, ke depan kami di jajaran manajemen dan redaksi BaskomNews.com memastikan bakal terus bermetamorfosa, bakal terus melakukan perubahan-perubahan. Demi menyuguhkan Informasi Berita, Menarik dan Terhangat.***

 

Penulis :

Ade Kosasih, SE

Pimpinan Redaksi BaskomNews.com