Gibas Jaya Tagih Janji Bupati Cellica yang akan Tutup Atlasindo

oleh -331 views
Sekjen Gibas Jaya, Lili Gozali.

BaskomNews.com – LSM Gibas Jaya mengaku akan menagih janji Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica yang sudah berjanji akan menutup operasi penambangan batu kapur oleh PT. Altasindo di Kecamatan Tegalwaru.

Pernyataan ini disampaikan Gibas Jaya, menyusul pernyataan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang Wawan Setiawan yang mengakui, jika sudah ada 5 kepala desa yang meminta agar PT Atlasindo kembali bisa beroperasi.

“Kita akan kawal dan tagih janji bupati terkait pernyataannya untuk menutup Atlasindo selamanya. Karena kejahatan lingkungan adalah tanggungjawab kita semua,” tutur Sekjen Gibas Jaya, Lili Gozali, kepada BaskomNews.com, Selasa (17/9/2019).

Bukan saja akan menagih janji Bupati, Gibas Jaya juga akan tetap menolak dibukanya kembali perusahaan tambang tersebut. Meskipun regulasi izin penambangan merupakan kewenangan pemerintah provinsi.

“Gibas Jaya tetap menolak arahan dibukanya Atlasindo, karena akan berdampak terhadap lingkungan. Dasar keputusan bupati waktu itu terkait penutupan harus sesuai dan komitmen. Ditambah regulasi terkait pertambangan adalah keputusan dari provinsi,” pungkas Lili.

Diketahui, belum lama ini DLHK Karawang kedatangan 5 Kepala Desa di sekitar PT Atlasindo dengan membawa tandatangan warganya masing-masing yang merupakan persetujuan masyarakat, agar Atlasindo bisa beroperasi kembali. Dan saat ini DLHK tengah menyelesaikan aspek teknis sebagai langkah terakhir menuju dibukanya PT Atlasindo kembali.(iql)

BACA SEBELUMNYA : DLHK Sebut 5 Kepala Desa Ingin Atlasindo Kembali Beroperasi