Ironis, Lansia Dipekerjakan Kumpulkan Tumpahan Minyak Pertamina

oleh -179 views
Beberapa Lansia tengah beristirahat setelah bekerja mengumpulkan limbah minyak Pertamina.

BaskomNews.com – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) ONWJ mempekerjakan para orangtua lanjut usia (lansia) untuk membersihkan ceceran minyak mentah yang mengandung limbah B3.

Kondisi ironis ini salah satunya menimpa Darkini (73), warga Desa Cemarajaya mengatakan, ia bekerja membersihkan limbah Pertamina untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebelum bekerja seperti sekarang, ia mengaku bekerja sebagai pedagang kue keliling.

“Kalau dagang kue untungnya sedikit, setiap hari paling dapat Rp 20 ribu,” katanya, kepada awak media beberapa waktu lalu.

Ia mengaku bekerja mengumpulkan limbah minyak pertamina itu sejak 1 Agustus 2019 lalu. Dirinya mendapatkan upah Rp 100 ribu setiap hari dari pihak Pertamina.

Selama bekerja, Darkini mengungkapkan, kalau ia sempat diperiksa kesehatannya satu kali oleh bagian kesehatan yang telah disediakan pihak PT Pertamina. “Saya pernah sakit, namanya butuh, yah mau gimana,” ungkapnya.

Mendengar kabar tersebut, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Golkar, Sri Rahayu Agustina meminta, agar Pertamina lebih bijaksana dalam menempatkan warga lansia ingin ikut bekerja.

“Mungkin karena kebutuhan, warga minta ikut bekerja, karena efek dari pencemaran tersebut, sehingga kebanyakan warga tidak bisa beraktifitas seperti biasanya,” ujarnya.

Mantan Ketua DPD Golkar Karawang ini juga meminta agar PT Pertamina tidak mempekerjakan para lansia demi kesehatan dan supaya tidak terjadi hal-hal negatif di kemudian hari.

“Saya berharap Pertamina lebih bijaksana dan selektif, karena lansia ini kan rentan kesehatannya, sementara ceceran minyak tersebut merupakan bahan beracun dan berdampak kepada kesehatan,” pungkas Sri Rahayu. (zay)

BACA SEBELUMNYA : Diduga Akibat Tumpahan Minyak, 2 Lumba-lumba Mati di Pantai Utara Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *