Setelah Gelar Rapat Tertutup, Pertamina Siapkan Rp 60 Miliar untuk Kompensasi 

oleh -
Rapat tertutup antara Pemkab Karawang dengan Pertamina pada Senin (12/8/2019). (foto dok).

BaskomNews.com – Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) menyebut, Pertamina bakal merogoh kocek sekitar Rp 60 miliar untuk memberikan kompensasi atau ganti rugi kepada mayarakat terkena dampak bocornya pipa PT PHE ONWJ pada 12 Juni 2019 lalu di perairan Karawang Utara.

Taksiran nominal biaya kompensasi tersebut, lanjut Wabup, hasil kalkulasi pertemuan tertutup antara Pemkab Karawang dengan Pertamina pada Senin (12/8/2019), bertempat di Gedung Bupati Karawang.

“Ini mahal sekali, ini memang membutuhkan ganti rugi yang tidak sedikit. Kalau kemarin rapat terakhir dengan Pertamina dikalkulasikan dihitung-hitung tidak kurang dari Rp 60 miliar untuk biaya ganti rugi,” katanya, kepada BaskomNews.com.

Pemkab Karawang pun membuat tim yang digawangi oleh Sekda Karawang Acep Jamhuri dan sudah diberikan SK oleh Bupati Karawang untuk mendata masyarakat yang terkena dampak bencana dan berhak menerima ganti rugi dari PT PHE ONWJ.

Nantinya, dijelaskan Wabup, masyarakat yang terdata itu bakal diverifikasi oleh pihak desa, kecamatan dan kabupaten. Kemudian biaya kompensasi itu bakal dieksekusi langsung oleh pihak Pertamina.

“Verifikasi yang dilakukan, desa masuk ke kecamatan, kecamatan melakukan verifikasi masuk kabupaten, kabupaten melakukan verifikasi setelah itu disampaikan ke pihak terkait Pertamina, baru nanti di eksekusi langsung,” tutup Kang Jimmy.(zay)

BACA SEBELUMNYA : Pemkab-Pertamina Gelar Pertemuan Tertutup Bahas Kompensasi