Dari 8 BUMD di Karawang, Hanya 3 yang Aktif

oleh -
Danu Hamidi.

BaskomNews.com – Pemkab Karawang memiliki delapan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yakni Bank Jabar Cabang Karawang, PT LKM Karawang, PD BPR, BPKD Cilamaya, PDAM Karawang, PD Aneka Jasa dan Perdagangan Persada Karawang, PT Pertogas Persada, dan Lumbung Desa Modern.

Ketua Komisi II DPRD Karawang, Danu Hamidi menilai dari delapan BUMD yang diberikan penyertaan modal oleh Pemkab Karawang, hanya tiga BUMD yang aktif berkontribusi menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pemkab Karawang memiliki delapan BUMD, yang aktif (menghasilkan PAD) itu cuma tiga, PDAM, LKM sama BPR,” katanya, kepada BaskomNews.com, Selasa (13/8/2019).

Danu sangat menyayangkan peran Pemkab Karawang yang masih kurang memberikan dukungan kepada delapan BUMD tersebut. “Justru yang disayangkan itu tadi, care (perhatian) pemerintah untuk men-support (penyertaan modal) BUMD itu masih kurang,” katanya.

Danu menjelaskan, jika Pemkab Karawang tidak mampu dari segi permodalan dan tidak bisa memanfatkaan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, BUMD tersebut bisa dikelola oleh pihak ketiga asal berkomitmen meberikan PAD yang sesuai.

“Misalnya ada kendala di manajemen atau sisi permodalan kan itu bisa dikerjasamakan, kalau pemeritah daerah ini tidak mampu. Karena sangat disayangkan kalau misalnya mengabaikan potensi yang ada,” tandasnya. (zay)