Gapensinas Berharap Raperda Jasa Kontruksi Bisa Pangkas ‘Birokrasi Rumit’

Apriyona ST.

BaskomNews.com – Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional (Gapensinas) Kabupaten Karawang menyambut baik adanya rencana inisiasi Raperda Jasa Kontruksi oleh Komisi III DPRD Karawang. Dengan adanya Perda  Jasa Kontruksi nanti diharapkan dapat memangkas ‘birokrasi rumit’ di pemerintahan Karawang.

Ketua Gapensinas Karawang, Apriyona ST mengatakan, Raperda Jasa Kontruksi ini penting bagi pembangunan Kabupaten Karawang yang notebene sebagai daerah penyangga ibu kota negara. Oleh sebab itu, Gapensinas menyarankan kepada para perumus Perda harus membuat aturan yang berdasarkan pada profesionalisme, agar pembangunan di Kabupaten Karawang menjadi lebih baik.

“Raperda ini harus menjadi alat pengawasan dan pembinaan terhadap para pelaksana jasa kontruksi maupun leading sektor terkait. Raperda ini juga harus bisa memangkas birokrasi yang rumit dan tidak membebani para pelaksana jasa Kontruksi,” tutur Apriyona, kepada BaskomNews.com, Kamis (11/7/2019).

Pada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota pasal 8 huruf d dijelaskan tentang pengawasan tertib usaha, tertib penyelenggara dan tertib pemanfaatan jasa kontrusi. Menurut Apriyona, dasar Undang-undang tersebut harus menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Karawang.

“Apabila Raperda ini dibuat untuk kemaslahatan masyarakat Karawang, maka harus mampu memberikan efek positif tanpa ada kepentingan-kepentingan pihak luar yang ingin memanfaatkan Perda tersebut nantinya. Kami selaku pelaksana jasa kontrusksi mendorong penuh, agar segera terwujud Perda Jasa Kontruksi untuk kepentingan Karawang khususnya,” pungkas Apriyona.(red)

BACA SEBELUMNYA : Komisi III DPRD Karawang Inisiasi Raperda Jasa Kontruksi

SHARE