Tidak Hanya Sekedar Dituntut Promoter, Tapi juga Harus Lebih Humanis

oleh -161 views
Giat sambang rumah warga Bhabinkamtibmas Polsek Pangkalan, Minggu (30/6/2019).
BaskomNews.com – Melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sudah menjadi tugas kepolisian sejak dulu. Terlebih, saat ini polisi dituntut harus bisa Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya), sesuai dengan moto Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Jendral Drs. H.M. Tito Karnavian.

Tugas kepolisian di abad modern seperti ini bukan hanya dituntut profesional bekerja sesuai prosedur pemolisian, melainkan harus mampu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai kepolisian yang bersih dari KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme), demi mewujudkan penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan.

Khususnya kepolisian di Kabupaten Karawang dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Nurendy Irwansyah Putra, setiap jajaran kepolisian di Kota Pangkal Perjuangan ini bukan hanya dituntut untuk mampu menjaga dan mewujudkan situasi Kamtibas. Melainkan juga dituntut untuk lebih ‘humanis’. Sehingga jangan heran, jika di segala aktivitas kehidupan sosial masyarakat Karawang, anda akan banyak bertemu dengan aparat kepolisian.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Ciptasari, Bripka Abdul Hoer pada Mingggu (30/6/2019), terlihat tengah berbincang santai dengan beberapa warga di Kecamatan Pangkalan. Tidak mengenal hari libur, kegiatan silaturahmi door to door ke masyarakat seperti ini rutin dilakukan setiap hari oleh jajaran Polsek Pangkalan.

Tujuannya, bukan hanya memantau situasi Kamtibas dan memberikan himbauan kepada setiap individu masyarakat, melainkan juga untuk mengetahui kondisi ekonomi dan sosial masyarakat yang erat kaitannya dengan persoalan Kamtibas. Yaitu dengan cara ngobrol santai atau hanya sekedar ‘ngopi bareng’.

Kapolsek Pangkalan AKP Endang Rohendi mengatakan, kegiatan silaturahmi dari rumah ke rumah warga seperti ini rutin dilakukan para anggotanya. Tidak mengenal kata ‘hari libur’, terlebih uniknya untuk menciptakan suasana Kamtibas di wilayah Karawang Selatan dan Utara ini, para anggotanya terkadang harus melalui beberapa medan terjal, kebun dan hutan untuk sampai ke rumah warga.

“Pelayanan polisi terhadap masyarakat tidak mengenal hari libur. Hal ini sebagai mana motto polisi untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, serta Promoter,” tutur AKP Endang Rohendi.

Menurut AKP Endang, giat sambang anggotanya ke setiap rumah warga seperti ini bukan hanya dilakukan door to door, melainkan juga tidak pernah memilah dan memilih anggota masyarakat dari segi tingkat ekonomi. “Bahasa kasarya mau warga kaya maupun miskin, saya intruksikan anggota untuk memberikan perlakuan dan pelayanan yang sama,” tegasnya.

Menjelang Hari Bhayangkara ke 73 tahun, AKP Endang menjelaskan, kegiatan kunjungan ke rumah-rumah warga seperti ini semakin digencarkan. Terlebih, ada beberapa kegiatan silaturahmi yang dibarengi dengan kegiatan bakti sosial seperti pembagian sembako kepada warga yang dinilai kurang mampu dari segi perekonomian.

“Dengan semangat Promoter Kapolri, maka peningkatan disiplin anggota Polri khususnya anggota Polsek Pangkalan tetap menjalankan tugas dengan baik. Sehingga kita berharap Polri semakin dicintai masyarakat,” pungkas AKP Endang.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *