DPRD Evaluasi Kinerja OPD di Rapat Pertanggungjawaban

Endang Sodikin.

BaskomNews.com – DPRD Kabupaten Karawang tengah menghadapi rapat pertanggung jawaban kinerja semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Karawang. Dari hasil rapat dengan beberapa dinas, DPRD menyebut ada beberapa catatan penting seputar kinerja dinas yang harus diperbaiki di anggaran perubahan.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Endang Sodikin menyebutkan, agenda rapat pertanggung jawaban dibagi ke dalam dua termin, yakni hari ini dan besok. Sementara beberapa dinas yang sudah selesai adalah Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan RSUD yang dihadapi oleh komisi IV.

“Catatan terpenting untuk Dinas Sosial adalah bagaimana menyukseskan kaitan dengan verifikasi faktual, Basis Data Terpadu (BDT) bagi masyarakat yang belum terkaper ke dalam data, itu karena anggaran yang belum disetujui oleh pemerintah daerah. Kedua, kaitan dengan unit Tim Reaksi Cepat (TRC) penangan anak jalanan, anak terlantar dan lansia,” katanya.

Di Dinas Kesehatan, kata Endang Sodikin, terkait adanya BLUD beberapa Puskesmas sudah melakukan akreditasi. Dengan BLUD Puskesmas mampu melakukan swakelola, termasuk mampu merehab dan membelikan tanah yang diperlukan. Yang harus dipahami, untuk Puskesmas yang minim penghasilan harus diberi stimulus.

“Kemudian, terkait Pendidikan Karawang belum punya gelanggang aquatik berenang untuk pelajar. Kedua adalah terhadap anggaran 50 miliar untuk sarana pendidikan belum terlihat pembangunannya. Dalam artian, antara sekolah yang rehab ringan dan rehab berat tidak terlihat. Terkait catatan evaluasi sudah kami sepakati tadi dan akan kita sampaikan kepada Bupati dalam rapat paripurna nanti,” pungkasnya. (iql)

SHARE