Hari Ini Bawaslu Periksa 2 Pelapor Dugaan Kecurangan Pileg di Tempuran, ‘Katanya’ Terkait 2 Kursi Demokrat di Dapil 4

Ilustrasi.

BaskomNews.com – Hari ini Kamis (16/5/2019) merupakan agenda pemeriksan 2 pelapor terkait dugaan kecurangan Pileg 2019 di Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Kabarnya, laporan ini terkait Partai Demokrat yang mendapatkan 2 kursi di Dapil 4.

Adapun 2 nama pelapor tersebut diketahui bernama Al-Bajuri yang merupakan saksi dari PAN dan Syawal yang merupakan saksi dari PPP. Pemeriksaan terhadap keduanya dijadwalkan sekitar pukul 10.00 WIB.

Namun sayangnya, ketika BaskomNews.com mencoba mendatangi kantor Bawaslu Karawang sekitar pukul 13.30 WIB, belum ada satupun Komisioner Bawaslu Karawang yang bisa dimintai keterangan.

Begitupun ketika BaskomNews.com mencoba menghubungi Divisi Penindakan Pelanggaran, Roni Rubiat Machri, sampai dengan berita ini masuk meja redaksi, yang bersangkutan belum menjawab konfirmasi dari wartawan.

Namun sebelumnya, Rabu malam (15/5/2019), Pelapor Al-Bajuri menurutkan, jika sejak 2 Maret 2019 dirinya dan saksi dari PPP sudah melaporkan dugaan kecurangan perhitungan suara di Tempuran tersebut. “Besok kita dipanggil Bawaslu untuk dimintai keterangan,” kata Al-Bajuri.

Kepada BaskomNews.com, Al-Bajuri menunjukan langsung bukti-bukti dugaan kecurangan perhitungan suara Pileg di wilayah Tempuran. Salah satu dugaan pelanggaran yang paling kentara adalah adannya perbedaan antara DPT pemilih DPR RI, Provinsi, DPD dan daerah.

Padahal ditegaskan Al-Bajuri, seharusnsya jumlah DPT tersebut harus sama dan tidak berubah. “Dimana-mana juga jumlah DPT itu harus sama. Misalkan ditambah dengan DPT pemilih disabilitas, ya jumlahnya tetap harus sama. Masa ini mah jumlah DPT untuk RI, provinsi, DPD dan daerah bisa berbeda,” kata Al-Bajuri.

“Saya juga memiliki banyak data dugaan kecurangan lainnya. Yang pasti kesalahan tersebesarnya adalah jumlah DPT yang berbeda-beda. Coba silahkan ini cek datanya sendiri. Karena data DA 1 saya kumplit,” tandas Al-Bajuri, sambil menunjukan data-data dugaan kecurangan perhitungan Pileg di wilayah Tempuran kepada wartawan.(zay/red)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here