Berdalih Tak Punya Kewenangan, Satpol PP Tak Bisa Segel PT Pindodeli 3, Netizen ; ‘Ngomong weh Sieun!’

Limbah B3 dari PT Pindodeli 3 diduga cemari Cikereteg.

BaskomNews.com – Kendati sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang sudah menyurati Satpol PP untuk ‘menyegel’ PT Pindodeli 3 yang telah melakukan pencemaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikereteg, namun pada akhirnya Satpol PP Karawang sendiri mengaku tidak bisa menyegel perusahaan.

Dengan dalih bisa melanggar Undang-undang Nomor 32 tahun 2009, tentang Perlindungan Lingkungan Hidup, Satpol PP beralasan tidak bisa menutup PT Pindodeli 3.

Karena menurut Satpol PP, kewenangan penegakan Undang-undang tersebut berada si penyidik kepolisian atau PPNS yang ruang lingkupnya bertugas dan bertanggung jawab di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Kewenangan Pol PP adalah penegakan Peraturan Daerah (Perda), sementara dugaan pelanggaran adalah Undang-undang, maka itu merupakan kewenangan PPNS yang ruang lingkupnya bertugas dan bertanggungjawab di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan bidup,” kata Kepala Bidang PPDP Satpol PP Karawang, H. Endeng, saat dikonfirmasi BaskomNew.com, Selasa (14/5/2019).

BACA SEBELUMNYA : Alasan ‘Mau Koordinasi’ Dulu dengan LH, Satpol PP Belum Segel PT Pindodeli 3

Menurut Endeng, pihaknya tidak dapat melakukan tindakan di luar kapasitas yang telah diatur oleh Undang-undang. Begitupun berkaitan dengan persoalan PT Pindodeli, pihaknya menegaskan bahwa tidak akan melakukan tindakan di luar aturan yang bukan menjadi kewenangannya.

“Kita sudah surati lagih LH, kita sudah ngambil langkah selama itu yang memang ranah kita akan kita lakukan, selama memang aturan tidak memungkinkan ya tidak,” katanya.

BACA JUGA : Pindodeli 3 Belum Miliki Izin Lingkungan, Eh,,, Malah Gelar Sidang Addendum Andal!

Disinggung soal diundangnya PT Pindodelli 3 oleh Satpol PP, Endeng mengatakan pemanggilan tersebut merupakan undang terkait perihal yang berbeda.

“Oh itu beda lagi terkait pencemaran kita laksanakan, dimana mereka membuat pernyataan akan melaksanakan ketentuan sesuai aturan,” kilahnya.

BACA SEBELUMNYA : Soal Pencemaran Cikereteg, DLHK Sudah Minta Satpol PP ‘Segel’ Pindodeli 3

Untuk diketahui, semenjak mencuatnya kabar pencemaran Cikereteg melalui berbagai media masa di Karawang ini sempat menjadi viral sebagai bahan perbincangan para aktivis lingkungan di media sosial. Terlebih, ketika Kepala DLHK Karawang, Wawan Setiawan menegaskan, jika PT Pindodeli 3 merupakan ‘perusahaan membandel’ yang jelas-jelas belum memiliki izin lingkungan.

Inilah komentar netizen yang sindir Satpol PP Karawang yang tak berani segel PT Pindodeli 3.

Berdasarkan pantauan BaskomNew.com di Medsos Facebook, salah seorang pengamat pemerintahan dengan nama akun facebook ‘Fauzi Fauzi’ sempat menyindir, jika sebenarnya Satpol PP Karawang memang tidak memiliki keberanian untuk menutup PT Pindodeli 3.

‘Ngomong we sieun (bilang saja gak berani tutup)’

‘Bupati sieun OPD-OPD na sarieuneun (bupatinya juga takut OPD-OPD juga takut)’

Tulis akun Fauzi Fauzi dalam satu postingan berita BaskomNews.com di Medsos facebook.(iq/red)

BACA SEBELUMNYA : Pindodeli 3 Buang Limbah B3 ke Cikereteg, Bupati Diminta Tegas dan Sanksi Perusahaan!

SHARE