Kelelahan, Petugas KPPS di Telagasari Karawang Meninggal Dunia

oleh -10.402 views
Beberapa petugas KPPS sedang berziarah ke makam almarhum.

BaskomNews.com – Yaya Suhaya (71), seorang anggota panitia pemungutan suara di Karawang, Jawa Barat, meninggal dunia pada Kamis tengah malam (18/4). Petugas KPPS di TPS 04 Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari itu diduga meninggal karena kelelahan setelah begadang untuk mengawal rekap suara Pemilu 2019.

“Beliau meninggal di rumah sakit. Penyebabnya diduga karena kelelahan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Karawang Miftah Farid, Jumat (19/4/2019).

Miftah menuturkan, meski sudah renta, Yaya sudah dua hari kurang tidur. Sejak Selasa (16/4), Yaya sibuk mempersiapkan pencoblosan. Bahkan hampir 48 jam, ia bekerja menjaga logistik pemilu hingga menghitung surat suara termasuk merekap dan menyalin form.

Dia bakal melaporkan ihwal bobot kerja KPPS yang berat di Karawang. Menurut Miftah, tak sedikit anggota KPPS yang kelelahan karena jam kerja yang panjang.

“Kami pun akan menyampaikan hal ini ke KPU RI, karena banyaknya (anggota) KPPS yang meninggal dunia,” kata Miftah.

Yaya yang mulanya cekatan bekerja, mulai mengalami penurunan pada Kamis malam (18/4). Menurut Asep, Yaya terlihat tersengal-sengal setelah mengantar surat suara dari TPS ke Kecamatan.

“Sejak siang, beliau hilir mudik menyebarkan undangan C6 ke rumah-rumah warga. Dari sore sampai malam lanjut menyiapkan TPS dan ikut menjaga logistik sampai pagi,” kata Ketua KPPS Kecamatan Telagasari, Asep, saat dikonfirmasi detikcom.

“Kondisinya ngedrop menjelang malam hari setelah pencoblosan. Beliau merasa sesak nafas saat selesai mengantar surat suara ke Kecamatan,” Asep menambahkan.

Menurut Asep, warga kemudian membawa Yaya ke rumahnya. Lantaran kondisinya tak membaik, Yaya dibawa ke RSUD Karawang. Namun, pria yang berprofesi sebagai penghulu itu meninggal.(red)