Cellica-Jimmy Rebutan Kursi Legislatif, Keduanya akan Kembali Memanas di Pilkada 2021

oleh -
Inilah momentum Teh Celli (kiri) dan Kang Jimmy beserta istrinya Hj. Ida Zamakhsyari (kanan) menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019 kemarin.

BAGI partai politik, momentum Pemilu 2019 ini bukan hanya sekedar berbicara kemenangan Capres-Cawapres. Melainkan penentuan untuk menambah jumlah kursi di setiap parlemen, baik itu di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

Khususnya di Kabupaten Karawang Jawa Barat, sebagian publik menyoroti persaingan kompetisi penambahan jumlah kursi antara Partai Demokrat dan PKB. Pasalnya, kedua parpol tersebut merupakan parpol ‘pengendali’ di tingkatan eksekutif.

Seperti yang diketahui sebelumnya di tingkatan DPRD Karawang, Partai Demokrat yang dipimpin dr. Hj. Cellica Nurrachadiana (Bupati Karawang) sendiri saat ini memiliki 6 kursi. Sementara untuk PKB yang diketuai H. Ahmad Zamakhsyari (Wakil Bupati Karawang) memiliki 5 kursi.

Diantara keduanya (PKB dan Demokrat) bukan hanya bersaing untuk memenangkan perolehan suara Jokowi vs Prabowo di Karawang. Karena keduanya (Cellica dengan Jimmy) diprediksi akan kembali memanas pada pada Pemilukada Karawang 2021 mendatang.

Terlebih diantara keduanya (Cellica dengan Jimmy) sudah digadang-gadang akan kembali mencalonkan sebagai Bupati Karawang. Yaitu dimana antara Cellica dengan Jimmy tidak akan lagi ‘satu paket’ dalam momentum Pemilukada Karawang 2021 mendatang. Karena lebih memilih ‘bercerai’ untuk masing-masing maju sebagai ‘Karawang Satu’.

Namun demikian, Cellica dengan Jimmy tentu saja tidak bisa mengabaikan kekuatan parpol penguasa di legislatif Karawang. Yaitu seperti PDI Perjuangan yang saat ini memiliki 9 kursi dan Partai Golkar yang memiliki 8 kursi.

PKB Optimis Nambah Jadi 7-9 Kursi, Demokrat Target Realistis Jadi 8 Kursi

Pasca masa pencoblosan Pemilu 2019 selesai, Ketua DPC PKB KarawangH. Ahmad Zamakhsyari sendiri optimis jika partainya akan bertambah menjadi 7 sampai 9 kursi di DPRD Karawang. Rasa optimismenya ini diucapkan kepada media, setelah Kang Jimmy (sapaan akrab) mengaku sudah melihat hasil Real Count yang dilakukan internal partainya.

“Dari sebelumnya 5 kursi yang ada, proyeksi kita 7-9 kursi untuk DPRD Karawang. Insya Allah bisa terpenuhi satu fraksi,” kata Kang Jimmy, Jumat (19/4/2019).

Dengan alasan masih terlalu dini untuk mengumumkan hasil Real Count yang dilakukan internal partainya, kepada awak media Kang Jimmy enggan menjabarkan lebih detail Dapil mana saja yang diisi para Caleg PKB. “Nanti senin baru akan kita umumkan. Kalau sekarang masih terlalu dini,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPC Demokrat Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengaku akan berjuang maksimal agar partainya bisa meraih perolehan 8 kursi di DPRD Karawang. Dengan posisi 6 kursi Partai Demokrat saat ini di Karawang, Teh Celli (sapaan akrab) mengaku optimis jika partainya dapat menambah jumlah kursi di parlemen.

“Inysa Allah, yang namanya target kita harus tinggi. Tentunya ini memang jadi tugas partai. Kalau 6 kursi di legislatif kemarin (Pileg 2014 Karawang), minimal kita harus targetkan sejelek-jeleknya 8 kursi. Provinsi kita juga bergerak untuk bagus, DPR RI juga. Kalau provinsi target 2 kursi,” kata Teh Celli.(red/catatan)