Pemilu 2019, KPU Karawang Gelar Rapat Koordinasi Libatkan Mahasiswa

BEM Unsika melakukan rapat koordinasi mengenai Keputusan KPU RI nomor: 227/PL.02.1-Kpt/01/KPU/I/2019 di kantor KPU Karawang.

“Kami dari BEM Unsika sangat berterimakasih atas gerak KPU Karawang dalam pemilu serentak tahun 2019 ini, semoga untuk mahasiswa Unsika yang merantau dari kampung halaman dapat terkondisikan dengan baik saat pemilu serentak nanti,”

BaskomNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang melibatkan mahasiswa untuk melakukan rapat koordinasi mengenai Keputusan KPU RI nomor: 227/PL.02.1-Kpt/01/KPU/I/2019 tentang tata cara petunjuk teknis (Juknis) penyusunan daftar pemilih khusus (DPK), daftar pemilih tambahan (DPTb), dan perbaikan daftar pemilih tetap (DPT), dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Hadir dalam rapat tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsika mengatakan, setuju dengan keputusan itu karena melihat kondisi mahasiswa Unsika yang seluruhnya tidak hanya dari Karawang. Artinya, mahasiswa luar Karawang bisa menggunakan hak pilihnya tanpa perlu balik ke kampung halamannya.

“Kami dari BEM Unsika sangat berterimakasih atas gerak KPU Karawang dalam pemilu serentak tahun 2019 ini, semoga untuk mahasiswa Unsika yang merantau dari kampung halaman dapat terkondisikan dengan baik saat pemilu serentak nanti,” kata Ketua BEM Unsika Nur Rikza, kepada BaskomNews.com, Senin (11/2/2019).

Ia juga mengapresiasi langkah KPU Karawang yang menyediakan website guna memudahkan mahasiswa pemilih yang berasal dari luar Karawang untuk menentukan pilihannya hanya dengan menggunakan surat pindah memilih atau formulir A5.

“Mahasiswa tinggal mengecek namanya di aplikasi KPU atau link website KPU. Jika nama tidak tertera pada link website, dapat meminta surat keterangan dari TPS di daerah asal mahasiswa tinggal, lalu berkordinasi dengan KPU Karawang,” ujarnya.

Masih dikatakan Nur Rizky, BEM Unsika sangat menyambut baik sosialisasi yang bakal dilaksanakan KPU Karawang dengan cara menyambangi kampus. Menurutnya, langkah tersebut sangat berguna agar mahasiswa luar Karawang lebih paham bagaimana caranya menggunakan formulir A5. (zay)

SHARE