Keren…! Ribuan Mangrove Ditanam Komunitas Ini di Pantai Tangkolak Barat-Cilamaya Wetan

Penanaman pohon mangrove di Pantai Tangkolak Barat Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang Jawa Barat, Minggu (10/2/2019).

“Kami berterima kasih kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Meskipun tidak ada keterlibatan langsung dari Dinas Lingkungan Hidup Karawang, tapi kita disambut baik oleh pemerintah kecamatan dan desa setempat,”

BaskomNews.com – Dimotori oleh ID42Ner Chapter Karawang dan UMIKA Karawang, sekitar 10 komunitas ini melakukan penanaman ribuan pohon mangrove di sekitaran Pantai Tangkolak, Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang Jawa Barat, Minggu (10/2/2019).

Disambut baik oleh pihak pemerintah kecamatan dan pemerintah desa setempat, gabungan komunitas ini juga membersihkan atau memungut sampah berserakan di Pantai Tangkolak Barat.

Ketua ID42Ner Chapter Karawang, H. Asep Nandang mengatakan, tujuan dari kegiatan penanaman mangrove ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan mengajak masyarakat luas untuk lebih mencintai lingkungan dan ekosistem, khususnya untuk lebih peduli lagi terhadap kondisi pantai mangrove yang sudah mulai gundul.

“Kami berterima kasih kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Meskipun tidak ada keterlibatan langsung dari Dinas Lingkungan Hidup Karawang, tapi kita disambut baik oleh pemerintah kecamatan dan desa setempat, dan kegiatan ini juga sudah sepengetahuan Dinas Lingkungan Hidup Karawang,” tutur H. Asep Nandang, kepada BaskomNews.com, Minggu (10/2/2019).

Kompak.

Menurutnya, berbagai komunitas di Karawang terlibat langsung dalam kegiatan ini. Oleh karenanya ia berharap, agar ke depan kegiatan peduli lingkungan seperti ini juga diikuti dan dilakukan oleh komunitas lainnya di Karawang.

“Ke depan kita juga berharap agar pemerintah daerah lebih peduli lagi dengan kondisi hutan mangrove seperti ini. Karena kalau kondisinya sudah gundul bisa menyebabkan abrasi, serta tidak ada sumber kehidupan untuk ekosistem di sini,” timpal H. Asep Nandang.

Tanam pohon mangrove.

Sementara itu, Sekretaris ID42Ner Chapter Karawang, Rahmat Teguh menambahkan, komunitas yang diurusnya sendiri baru dibentuk di Karawang. Sehingga kegiatan peduli lingkungan seperti ini akan menjadi langkah awal ID42Ner Chapter Karawang untuk ke depan lebih banyak lagi dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

“Saya pribadi juga mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman komunitas lainnya yang terlibat langsung dalam kegiatan peduli lingkungan ini. Ke depan kita juga akan bertemu lagi dalam kegiatan sosial-kemasyaratan lainnya,” kata Rakhmat Teguh.

Kompak dan ceria.

Ketua UMIKA Karawang, Adi Suryadi S.Kom mengaku sangat bersemangat di dalam menggelar kegiatan peduli lingkungan bersama ID42Ner Chapter Karawang ini. UMIKA dan ID42Ner bahu-membahu di dalam menggelar kegiatan ini. “Mudah-mudahan ke depan UMIKA bersama ID42Ner bisa menggelar kegiatan lain yang lebih baik dari ini. Aamiin,” harap Adi.

Sementara itu, Sekretaris kegiatan yang juga masih merupakan Korninator Akhwat Pusat, Siti Nurfauzimah mengaku senang karena bisa terlibat langsung dalam kegiatan peduli lingkungan penanaman pohon mangrove ini. Menurutnya, ini pengalaman baru bagi pribadinya bersama komunitas peduli lingkungan yang ada di Karawang. “Aku seneng bisa gabung di sini sama temen-temen komunitas lainnya,” singkatnya.

Adapun komunitas yang ikut terlibat dalam kegiatan peduli lingkungan ‘Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Tangkolak Barat Cilamaya Wetan ini diantaranya ; ID42Ner Chapter Karawang, UMIKA Karawang, Rela Baik dan Yadiska, Camp n Stick, GARBI Karawang, Aspika, Perwira, Sekarsa, Barisan Muda Hijrah, serta SMK Muda Cikampek. (mang adk)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here