Diplomasi Politik PAN : Antara Koalisi, Opisisi atau Nyabup Sendiri?

oleh -463 views
Foto: Edit BaskomNews.com

“Saya doakan semoga Cellica terpilih menjadi bupati lagi. Saya doakan Kang Jimmy terpilih menjadi bupati. Saya doakan juga yang lain seperti Kang Mulyono Ketua Golkar juga mudah-mudahan jadi. Kalau anda tanya dengan PAN, mudah-mudahan PAN juga mencalonkan jadi bupati,”

BaskomNews.com – Politik itu teori segala kemungkinan, dan kebijakan dalam pengambilan keputusannya bisa berubah dalam hitungan menit. Mungkin hal inilah yang sedang ada dalam benak Ketua DPD PAN Karawang, Bambang Maryono yang juga masih merupakan Mantan Ketua Tim Pemenangan Cellica-Jimmy, saat disinggung keputusan politik PAN Karawang ke depan, khususnya di Pilkada Karawang 2021 mendatang.

Beberapa kali disinggung wartawan apakah merasa kecewa dengan kepemimpinan Cellica-Jimmy selama 3 tahun ke belakang, Bambang Maryono sendiri menjawabnya dengan jawaban diplomatis sambil mengeluarkan pernyataan kata “tidak kecewa”. Namun beberapa kali Bambang Maryono mengulas kekurangan pemerintahan Cellica-Jimmy yang menurutnya tidak sesuai apa yang ada dalam pikirannya pada Pilkada Karawang tiga tahun ke belakang.

“Saya sebagai mandataris PAN Karawang yang dari awal sudah diputuskan mendukung Cellica-Jimmy, sampai hari ini saya pastikan bahwa PAN adalah partai pendukung Cellica-Jimmy. Karena saya tidak mencabut itu di KPU. Bahwa kemudian PAN hari ini relatif jarang atau tidak diajak bicara Cellica-Jimmy dalam hal apapun, itu hak bupati dan wakilnya. Karena mereka tidak punya kewajiban mengajak PAN untuk berdiskusi,” tutur Bambang Maryono, saat menggelar konferensi pers di kantor DPD PAN Karawang, Kamis (7/2/2019).

“Saya gak kecewa, karena itu hak mereka (Cellica-Jimmy). Kecuali mereka punya kewajiban ngajak saya diskusi, baru saya kecewa. Meskipun Bambang sebagai Ketua PAN, diterima atau tidak diterima, sesekali waktu masih memberikan masukan dan pendapat. Walaupun pendapatnya tidak dipake, ya gak apa-apa, emang gua pikirin,” timpal Bambang.

Apakah 2021 PAN akan Kembali Berkoalisi dengan Cellica atau Jimmy, Atau Nyalon Sendiri?

Menjawab pertanyaan dari wartawan tersebut, Bambang Maryono kembali menjawabnya dengan pernyataan diplomatis. “Saya doakan semoga Cellica terpilih menjadi bupati lagi. Saya doakan Kang Jimmy terpilih menjadi bupati. Saya doakan juga yang lain seperti Kang Mulyono Ketua Golkar juga mudah-mudahan jadi. Kalau anda tanya dengan PAN, mudah-mudahan PAN juga mencalonkan jadi bupati,” kata Bambang.

Memang Target PAN Karawang di Pileg 2019 Berapa Kursi?

Dalam hal ini, Bambang Maryono mengungkapkan tentang kebanggaannya kepada para Caleg PAN Karawang yang menurutnya terlihat bekerja keras siang dan malam untuk meyakinkan masyarakat agar memilih Caleg PAN. Sambil Bambang sendiri mengakui jika target minimal PAN Karawang di Pileg 2019 adalah 6 kursi.

“Saya itu… ini sebenarnya masih dalam kondisi sakit. Jujur tadi pagi mengirim ke WA (Whatsapp) group caleg, demi Allah saya betul-betul menulis itu dengan menangis. Saking bangganya melihat kerja caleg-caleg saya di lapangan. Pagi, siang sore sampai malam. Karena saya bangga dan menyaksikan langsung kerja mereka, dan saya pun keliling hampir seluruh kecamatan di Karawang, maka saya yakin PAN kursinya akan nambah,” kata Bambang.

Jika Kursi PAN Bertambah 6 Kursi, PAN Bakal Nyalon Bupati/Wakil Bupati?

Kembali saat dipancing pertanyaan awak media ini, Bambang sendiri seperti tidak mau terpancing dengan pertanyaan wartawan. Sehingga lagi-lagi Bambang mengeluarkan jawaban diplomatis politiknya.

“Saya pastikan PAN akan ikut meramaikan kontestasi Pilkada 2021. PAN itu partai terbuka, tidak harus ketuanya yang nyalon. Tapi ketuanya tentu menjadi prioritas,“ kata Bambang, yang kemudian wartawan kembali memberikan pertanyaan : “Ini Kode Bukan Mas?”.

“Apakah besok PAN dukung Cellica, lihat kondisi besok. Apakah PAN besok dukung Jimmy, lihat juga kondisi besok. Bisa jadi saya dukung yang lain (calon selain Cellica atau Jimmy),” timpal Bambang.

Publik Karawang Hari Ini Seakan Dihadapkan dengan 2 Pilihan Politik di Pilkada Karawang 2021, Yaitu Cellica atau Jimmy Mas?

“Jika harus memilih Cellica atau Jimmy, saya akan menyuruh media bertanya kepada Cellica-Jimmy, apakah Cellica-Jimmy akan memilih saya atau tidak,” timpal Bambang, yang lagi-lagi mengeluarkan pernyataan diplomatis politiknya.

Pernyataan Mas Bambang dari Tadi Seakan Ngambang, Apa PAN Kecewa dengan Cellica-Jimmy?

“Saya tidak kecewa dengan Cellica, saya tidak kecewa dengan Jimmy. Tapi saya kecewa bahwa apa yang saya harapkan dengan sampai tahun ke empat ini relatif belum seperti yang saya harapkan ketika saya mendukung mereka dulu.

“Tentang apa?, pastinya tentang banyak hal. Tentang menata Kota Karawang, tentang partisipasi swasta dalam membangun Karawang, tentang pendidikan, dan tentang semuanya,” tandas Bambang Maryono.

Untuk diketahui, selain Bambang Maryono yang merupakan Ketua DPD PAN Karawang dengan memiliki 3 kursi di DPRD Karawang, Cellica Nurrachadiana sendiri merupakan Ketua DPC Demokrat Karawang yang memiliki jumlah 6 kursi di DPRD Karawang. Sementara H. Ahmad Zamakhsyari merupakan Ketua DPC PKB Karawang dengan jumlah 5 kursi di DPRD Karawang.

Ketiganya diprediksi bersaing ketat dengan Ketua Partai atau tokoh politik lain di Karawang untuk menambah jumlah kursi di Pileg 2019. Tentu saja penambahan jumlah kursi masing-masing parpol ini akan berpengaruh besar terhadap kontestasi politik Pilkada Karawang di 2021 mendatang.(red)

Baca Juga : 3 Tahun “Harta KIta Adalah Kesetiaan”, PAN Kritik Habis-habisan Cellica-Jimmy