2019 Lebih Fokus Isu Dugaan Korupsi dan Kesenjangan Sosial-Ekonomi

Ade Kosasih, SE (Pimpinan Redaksi BaskomNews.com).

BANYAK dari kegagalan dalam hidup yang terjadi adalah orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan, ketika mereka memutuskan untuk menyerah.

Berangkat dari kalimat bijak yang saya kutip dari Thomas A. Edison tersebut, sebelumnya kami Jajaran Redaksi dan Manajemen BaskomNews.com ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019 kepada para pembaca setia BaskomNews.com yang merayakannya. Semoga apa yang menjadi resolusi para pembaca di 2019 ini bisa tercapai. Aamiin!.

Semenjak berdirinya BaskomNews.com pada 22 September 2017, kami di jajaran keredaksian senantiasa berusaha menyuguhkan ragam informasi berita yang berbeda dengan media lainnya. Suguhan berita yang menarik pembaca, serta titik fokus pada isu-isu tertentu seperti isu dugaan korupsi memang selalu menjadi ciri khas tersendiri di keredaksian BaskomNews.com. Kalaupun boleh dianggap berlebihan ; menarik, tegas dan investigatif, itulah yang menjadi ciri khas BaskomNews.

Bagi kami, 2018 kemarin adalah tahunnya memulai dan tahunnya eksistensi ketika BaskomNews dikatakan “baru seumur jagung”. Suguhan berita yang menarik dan terkadang menggelitik sebagai bahan otokritik terhadap kebijakan pemerintahan yang dianggap keliru, semuanya telah kami suguhkan di tahun 2018 kemarin.

Lalu bagaimana BaskomNews.com akan melangkah di 2019?

Tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, isu politik, sosial, ekonomi, budaya, kriminal, hukum, peristiwa dan lain sebagainya tetap akan mewarnai keredaksian BaskomNews.com. Namun di 2019 ini BaskomNews akan lebih fokus menitikberatkan kepada isu-isu sentral yang menjadi dasar lahirnya ‘ketidakadilan’ atas kebijakan pemerintahan yang dianggap keliru, serta ‘kesenjangan sosial-ekonomi’ di masyarakat.

Khususnya di Kabupaten Karawang, isu-isu dugaan korupsi yang belum selesai ditangani oleh para penegak hukum akan masih ‘memanaskan’ suguhan berita BaskomNews. Terlebih, beberapa bukti laporan dugaan korupsi dari narsumber yang notabene merupakan pengamat, Ormas, LSM, OKP dan aktivis lainnya sudah dikantongi jajaran redaksi.

Sementara untuk isu kesenjangan sosial-ekonomi, jajaran redaksi BaskomNews.com akan memulainya dengan cara menyikapi isu-isu politik di 2019. Karena secara kebetulan 2019-2020 merupakan tahun politiknya masyarakat Karawang. Selain Pileg dan Pilpres, masyarakat Karawang juga akan dihadapkan dengan Pemilihan Bupati (Pilbup) Karawang Tahun 2020.

Kenapa demikian?. Karena kami menganggap bahwa kesenjangan sosial-ekonomi di masyarakat terjadi ketika lahirnya kebijakan keliru yang dikeluarkan kelembagaan eksekutif maupun legislatif. Sehingga efek dominonya dapat meluas terhadap kondisi sosial-ekonomi masyarakat, bahkan berpengaruh terhadap meningkat atau menurunnya tingkat kriminalitas yang akan terjadi.

Sehingga isu-isu sosial-ekonomi seperti keberadaan Bank Emok atau koperasi berkedok rentenir yang mencekik masyarakat, susahnya mencari pekerjaan di tanah kelahiran sendiri, serta isu kesenjangan sosial-ekonomi lainnya masih akan mewarnai keredaksian BaskomNews di tahun 2019.

Apapun alasannya, BaskomNews.com tetaplah ‘Perusahaan Media’ yang terikat oleh aturan Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999. Sehingga kewajiban kami kepada publik tetaplah tiga point penting tentang fungsi media ; to inform, to educate and to entertain. Sehingga tidak ada kewenangan kami untuk menjadi media yang pro atau kontra terhadap suatu pemerintahan. Atau bahkan menjadi media yang selalu ‘menghakimi’ terhadap suatu perkara atau sebuah kejadian.

Sehingga 2019 BaskomNews.com tetap akan menjadi media yang independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan tidak beritikad buruk (sesuai point 1 yang tertuang dalam Etika Jurnalistik).

Terakhir, kami jajaran redaksi dan manajemen BaskomNews.com ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca setia yang selama ini menjadikan BaskomNews.com sebagai referensi informasi berita. Besar harapan kami, semoga BaskomNews.com tetap menjadi media terpercaya bagi para pembaca dengan ragam perubahan-perubahan keredaksian dan manajemen di internal BaskomNews.com.

Semoga kami terus bisa berevolusi untuk menjadi media yang lebih baik dalam ragam tantangan di 2019 ini. “Yang akan bertahan hidup bukanlah spesies yang paling kuat, bukan pula yang paling pintar. Akan tetapi yang paling mampu berubah” (kata Charles Darwin)***

 

Ditulis ;

Ade Kosasih, SE (Pimpinan Redaksi BaskomNews.com)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here