Habiskan Anggaran Rp 219 Juta, Pencetakan Kalender 2018 “Double” Angka

Foto edit BaskomNews.com

“Konsep gambar foto Diskominfo, yang bikin layout Diskominfo, karena dia yang memiliki bahan. Disini bagian pelaksanaannya saja,”

BaskomNews.com – Pengadaan kalender Pemerintah Kabupaten Karawang tahun 2018 yang menghabiskan anggaran sebanyak Rp 219.800.000 terjadi kesalahan cetakan angka. Harusnya tanggal 29 Desember, di kalender malah tertulis double tanggal 30 Desember.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Perlengkapan Pemkab Karawang, Maman Supratman, kesalahan penulisan tanggal yang terjadi ini bukan pada saat dirinya menjabat. “Ini sebelum saya,” katanya kepada BaskomNews.com, Kamis (20/12/2018).

Dijelaskan Maman, pihaknya hanya sebatas melaksanakan pencetakan kalender saja. Sedangkan untuk desain foto dan layout, itu bagian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karawang.

“Konsep gambar foto Diskominfo, yang bikin layout Diskominfo, karena dia yang memiliki bahan. Disini bagian pelaksanaannya saja,” jelasnya.

Pasca kesalahan tanggal tersebut, Maman berharap kedepannya harus di verifikasi lebih detail, agar tidak terjadi kesalahan serupa. Karena ada tim Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) sebelum dicetak.

Menurut Kasubag Analisa Pengadaan, Bogi Satriawan, sebelum dilakukan pencetakan, pihaknya menyodorkan konsep kalender tersebut ke pimpinan Pemkab Karawang terlebih dahulu. Setelah disetujui, baru dilakukan pencetakan.

“Biasanya kalau belum dicetak gambar dilihatkan dulu ke Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda untuk kordinasi berapa layout model. Setelah disetujui baru dicetak, ini terlewat saat pengecekan, tidak diketahui,” paparnya.

Karena anggaran pembuatan kalender tahun 2018 itu lebih dari Rp 200 juta, sambung Bogi, jadi dipecah menjadi dua paket. “Ini dibagi dua paket. Penunjukan langsung oleh Pak Sekda,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kasubag Distribusi, Astining menjelaskan, untuk anggaran pengadaan kalender 2018 sebanyak 10.000 lembar yang dikerjakan oleh CV Anugerah itu menghabiskan total biaya Rp. 219.800.000.

“Kalender gantung anggarannya Rp 173.000.000 sebanyak 8.000 lembar, kalau yang kalender duduk anggarannya Rp 46.800.000 sebanyak 2.000 lembar. Yang melaksanakan pencetakan itu CV Anugerah,” jelasnya. (zay/red)

SHARE