Asda I Disebut “Biang Kerok” Kisruh Pilkades Curug

oleh -
Massa pendukung Cece Hermawan, Calon Kades Curug, mendatangi kantor Asda I Karawang.

“Saya minta Pak Samsuri panggil panitia dan BPD untuk bertanggung jawab atas konflik ini,”

BaskomNews.com – Assisten Daerah (Asda) I Karawang Samsuri, disebut-sebut sebagai “biang kerok” atau penyebab utama kisruhnya Pilkades di Desa Curug, Kecamatan Klari.

Pasalnya, Asda I dan BPD diduga melakukan intervensi terhadap hasil Pilkades Curug yang pada akhirnya dilakukan perhitungan suara ulang yang tidak sesuai aturan.

Buntut atas persoalan pembatalan kemenangan calon Kades Curug Nomor Urut 3 Cece Hermawan oleh panitia sebelas dan BPD, akhirnya Senin (26/11/2018), massa pendukung Cece Hermawan mendatangi kantor Asda I.

Di dalam rapat audiensi yang terjadi, masa pendukung Cece Hermawan terlihat naik pitam dan meminta agar Asda I segera menyelesaikan persoalannya.

“Saya minta Pak Samsuri panggil panitia dan BPD untuk bertanggung jawab atas konflik ini,” tutur Ferri Rukmana, Pendukung Cece Hermawan, di ruang rapat Asda I Pemkab Karawang.

Baca juga: Intervensi Asda I, Calon Kades Terpilih di Curug Batal Jadi Pemenang karena Perhitungan Ulang

Untuk diketahui, sesuai dengan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari minggu (11/112018), calon kades nomor urut 3 Cece Hermawan meraih suara terbanyak 1.287 suara.

Disusul raihan suara Calon Kades Usman Sonjaya sebanyak 1.254 suara. Kemudian Rahita 1.141 dan Indra Dipura dengan perolehan 899 suara. “Seharusnya panitia menetapkan Cece sebagai pemenang, ini malah tidak ditetapkan dan menghitung ulang atas saran dari Asda 1,” kata Ferri.

Atas persoalan ini, sambung Ferri, panitia sebelas seharusnya jangan pimplan untuk memutuskan hasil perolehan suara Pilkades Curug. “Panitia tidak teteg (konsisten, red), karena ada saran dari Asda I jadi pimplan,” sindirnya.

Sebelum persoalannya selesai, masih dikatakan Ferri, pihaknya meminta tidak ada pelantikan untuk calon kades nomor urut 2 Usman yang kemenangannya berdasarkan hasil perolehan perhitungan ulang.

Karena ditegaskan Ferri, secara faktual di lapangan pemenang Pilkades Curug yang sebenarnya adalah Cece Hermawan dengan nomor urut 3. “Karena legal formalnya kita jelas,” katanya.

Berdasarkan pantauan BaskomNews.com di ruangan rapat, karena suasana audiensi terlihat semakin memanas, akhirnya Asda I Samsuri memutuskan untuk menggelar rapat ulang pada kamis depan. Yaitu dengan menghadirkan semua pihak terkait, termasuk pihak panitia sebelas dan BPD. (pls)