Personel Gabungan Fokus Cari “Black Box” Pesawat Lion Air JT-610

BASARNAS

“Pada pagi ini, kamera ROV yang diturunkan Kapal Riset Baruna Jaya I sudah menangkap gambar serpihan pesawat dan kain syal milik penumpang di dasar laut”

BaskomNews.com – Hari ketiga pencarian badan dan black box pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang, kerahkan 858 personel gabungan serta 50 penyelam.

Jumlah personel gabungan terdiri 201 orang Basarnas, 40 orang TNI AD, 456 orang TNI AL, dan 15 orang dari TNI AU. Unsur lainnya yaitu, 58 anggota Polri, 30 orang KPLP, 18 orang dari Bea Cukai, 30 orang dari PMI, dan 10 orang dari Bakamla, dari data rincian Basarnas.

Kabasarnas Mardya M Syaugi berharap, hari ini berhasil menemukan badan pesawat dan black box. Rencananya alat crane milik Kementerian Energi Sumber Daya Manusia membawa objek tersebut.

“Kalau arusnya tenang saya berharap sudah ditemukan, nanti apabila bisa menemukan ada bagian body pesawat yang cukup besar Bapak Menteri SDM sudah memberikan jaminan untuk meminjamkan crane yang cukup besar,” kata Syaugi, Kamis (1/11/2018).

Para petugas hari ini akan fokus di area 400 meter dari koordinat awal informasi lokasi jatuhnya pesawat yaitu di 05 derajat 46 menit 15 detik South, 107 derajat 07 menit 16 detik East.

Syaugi mengatakan, penyelam pun sudah mulai diturunkan pagi ini dan pihaknya telah memasang jangkar di sekitar area tersebut.

“Strategi berikutnya kita pasang jangkar di daerah tersebut, yang saya bilang jaraknya 400 M sebelah barat laut. Semalam sudah dipasang jangkar sehingga harapannya tadi pagi penyelam sudah mulai masuk dengan ROV kita turunkan untuk memastikan. Sekarang arusnya cukup tenang makanya saya sebentar lagi mau ke sana,” ujarnya.

Petugas juga membawa ping locator untuk menangkap sinyal yang dipancarkan black box. Pada pagi ini, kamera ROV yang diturunkan Kapal Riset Baruna Jaya I sudah menangkap gambar serpihan pesawat dan kain syal milik penumpang di dasar laut. (red/detik)

SHARE