Sempat Dibawa ke Tanjung Pakis, Serpihan Pesawat Dikirim ke Tanjung Priok

DIKIRIM KE JICT: Sebuah kantung jenazah yang berisikan serpihan pesawat Lion Air JT610 dikirim tim ke JICT.

Kepala Humas Basarnas Jawa Barat, Joshua yang berada di posko Tanjung Pakis langsung menginstruksikan serpihan tersebut dikirim ke Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok.

BaskomNews.com – Sejumlah serpihan pesawat Lion Air yang jatuh ke perairan Tanjung Karawang, Senin (29/10/2018) sempat dibawa ke posko di pantai Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Karawang, Selasa (30/10/2018).

Kepala Humas Basarnas Jawa Barat, Joshua yang berada di posko Tanjung Pakis langsung menginstruksikan serpihan tersebut dikirim ke Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok. “Karena semua hasil evakuasi terpusat di Tanjung Priok, itu perintah Basarnas pusat,” kata Joshua.

Dijelaskan Joshua, serpihan tersebut dibungkus dalam kantong jenazah. Awak media yang sempat mengira itu adalah potongan tubuh atau jenazah korban jatuhnya pesawat. Namun, benda yang dibawa oleh tim Polairud itu ternyata bagian dari serpihan sayap pesawat. “Itu mau dibawa lagi ke JICT. Dikirim menggunakan kapal Basudewa,” katanya.

Di Pantai Tanjung Pakis terdapat posko ante mortem yang didirikan Polda Jawa Barat. Kasubdit Dokpol Polda Jawa Barat, AKBP Nelson menjelaskan jika ada tiga posko yakni di Bandara Halim Perdana Kusuma, Tanjung Priok dan Tanjung Pakis.

Didirikannya posko DVI Polda Jawa Barat untuk mengantisipasi adanya potongan tubuh atau jenazah yang terdampar ke pantai, mengingat arus laut menuju ke pantai Tanjung Pakis. “Nanti kalau jenazah ditemukan di tepi pantai kita akan langsung kemas dengan baik dan di bawa ke RS Kramat Jati,” kata Nelson. (plz/red)

 

SHARE