Pengaruh Asep Dasuki, PKB Gerus Suara PPP di Dapil 6, Bisakah?

Edit BaskomNews.com

Sekretaris PPP Karawang, Dedi Rustandi membantah jika kepindahan Asep Dasuki ke PKB merupakan kerugian bagi PPP. Karena, kata Dedi, suara Asep Dasuki saat pileg 2014 bukan karena faktor pribadi Asep Dasuki, melainkan adanya kinerja dan adanya suara PPP di Dapil 6.

BaskomNews.com – Kepindahan Asep Dasuki dari PPP ke PKB diprediksi banyak kalangan akan meningkatkan suara PKB di Daerah Pemilihan (Dapil) 6 Karawang. Sebaliknya, suara PPP di dapil 6 kemungkinan besar bakal merosot dengan kepindahan Asep Dasuki.

Menanggapi hal ini, Sekretaris DPC PKB Karawang, Aab Abdurahman mengatakan, Dapil 6 Karawang DPC menargetkan dua kursi, mengingat ada jatah 10 kursi di dapil yang meliputi Kecamatan Karawang Timur, Majalaya, Klari, Ciampel dan Purwasari.

Dikatakan Aab, pada pileg 2014 lalu, PKB tidak memiliki wakil dari dapil 6. DPC PKB Karawang melihat adanya peluang besar di Dapil 6 ini untuk memenuhi target. Tak dipungkiri, suara konstituen Asep Dasuki juga menambah modal kekuatan PKB meraih kursi.

“Semua caleg PKB khususnya di dapil 6 punya potensi. Terutama 6 calon yang terlihat sangat all out, ya diantara yang all out itu memang Asep Dasuki yang pada pileg 2014 lalu, Asep Dasuki mampu meraih 3923 suara,” tuturnya, kepada BaskomNews.com, Jumat (12/10/2018)

Namun, Sekretaris PPP Karawang, Dedi Rustandi membantah jika kepindahan Asep Dasuki ke PKB merupakan kerugian bagi PPP. Karena, kata Dedi, suara Asep Dasuki saat pileg 2014 bukan karena faktor pribadi Asep Dasuki, melainkan adanya kinerja dan adanya suara PPP di Dapil 6.

“Dia (Asep Dasuki) tidak berdiri sendiri, bahkan secara pribadi dia tidak memenuhi kuota,” kata Derus.

Namun, dia tak membantah adanya suara yang hilang. Namun, kata Derus, suara yang hilang hanyalah suara yang datang dari keluarga Asep Dasuki saja. Pada pemilu 2014 lalu, PPP mampu meraup suara cukup banyak di Dapil 6. Total ada 11.131 suara, apalagi saat itu Karawang Timur belum bagian dari Dapil 6.

Jadi, kata dia, ada kemungkinan suara justru bertambah banyak meski kehilangan Asep Dasuki. Bahkan, secara pribadi, dia memasang target 10 ribu suara untuknya.

“Kita sudah memetakan kekurangan dan peluang. Mana yang kita kuatkan dan mana yang kita lepas. Kursi tetap ada dari dapil 6, terlepas siapa yang menang itu merupakan aset PPP,” katanya. (red)

SHARE