APK Caleg Rusak Pohon, Contoh Etika Pemimpin yang Tak Baik

APK milik Toto Suripto.

Penelusuran wartawan BaskomNews.com di sepanjang jalan Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, ada tindakan kurang etis dilakukan Caleg Incumbent yang merusak pohon untuk kepentingan kampanyenya.

BaskomNews.com – Calon legislatif (Caleg) DPR-RI asal Karawang, Nace Permana mengajak para caleg lainnya untuk tidak memasang alat peraga kampanye (APK) di pohon. Hal itu, dikatakan Nace, sangat merusak estetika dan tidak menunjukkan contoh yang baik kepada masyarakat.

Nace menjelaskan, tidak ada aturan yang melarang peserta pileg atau pilkada memasang APK di pohon. Namun, kata dia, pemasangan APK di pohon menunjukkan etika yang tidak baik.

Caleg dari partai Gerindra ini memberikan gambaran, di Karawang ada 50 caleg DPRD Kabupaten, jika satu calon merusak 20 pohon karena memasang APK, maka ada berapa ribu pohon yang  terancam dirusak caleg.

“Tolonglah secara estetika dipakai. Itu kan cerminan calon pemimpin. Secara undang-undang memang tidak ada larangan. Tapi kan pohon makhluk hidup juga. Masa tega menyiksa makhluk hidup?” ungkap Nace yang juga Ketua LSM Lodaya ini kepada BaskomNews.com, Kamis (11/10/2018).

Dirinya yang sudah pernah kampanye saat mencalonkan DPD-RI  dan pencalonan kepala daerah tidak pernah memerintahkan kadernya untuk memasang APK di pohon. Bahkan, Nace sering merogoh kocek lebih dalam untuk penyebaran APKnya agar tidak merusak pohon.

APK Toto Suripto

Sementara, penelusuran wartawan BaskomNews.com di sepanjang jalan Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, ada tindakan kurang etis dilakukan Caleg Incumbent yang merusak pohon untuk kepentingan kampanyenya. Diketahui, caleg tersebut justru adalah Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto.

Ada puluhan pohon yang dikorbankan Toto untuk kepentingan dirinya kembali duduk di DPRD Karawang di daerah tersebut. Tak hanya di desa Mulyasejati saja, pantauan BaskomNews di sejumlah titik di Kecamatan Karawang Timur, Majalaya dan Klari juga banyak tersebar APK Ketua DPRD Karawang di pohon.

Sementara, saat dikonfirmasi, hingga berita ini diturunkan, dari pukul 20.00 hingga 20.30 WIB, nomor HP Toto dalam kondisi tidak aktif. (red)

SHARE