1Th BaskomNews : “Sudah Move On, Kemudian Rindu dan Jatuh Hati Lagi”

Mang Adk, Pimred BaskomNews.com.

SATU tahun sudah usia BaskomNews.com terhitung oleh ukuran usia manusia (tepatnya 22 September 2017-22 September 2018). Sedikit mengenang masa lalu, kebahagiaan sekaligus kebanggaan akan eksistensi media online yang memiliki jangkauan berita di Jawa Barat ini juga mengiringi karir saya pribadi sebagai jurnalis.

Banyak senior jurnalis bilang, jika “baru seumur jagung” bagi sebuah media masa masih-lah jauh dari kata kesuksesan sebuah eksistensi perusahaan media. Namun bagi kami (khususnya di bagian redaksi), harapan tidak-lah akan sirna, bagi setiap manusia yang terus berdoa, berikhtiar serta bertawakal terhadap Allah SWT, demi mengejar mimpi atau cita-citanya.

“Hanya ada 2 jenis manusia yang tak pernah lagi memiliki mimpi. Pertama orang gila, dan kedua adalah orang yang putus asa”, (Catatan Mang Adk).

Sehingga harapan-harapan mengejar mimpi untuk menjadikan BaskomNews.com sebagai referensi berita terpercaya dan ter-update tidak pernah mati dalam pikiran maupun hati kami. Sesuai slogan lahirnya media ini, “Informasi Berita Menarik dan Terhangat”.

Dan kami selalu berharap, keberadaan BaskomNews.com ditengah-tengah masyarakat bukan hanya sekedar menjadi wadah ikhtiar ekonomi bagi setiap individu Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalam BaskomNews.com. Melainkan juga mampu menyajikan informasi aktual yang dapat mencerdaskan dan menghibur masyarakat. Aamiin…!

Saya pribadi sudah hampir 9 tahun melakoni karir di dunia jurnalistik. Sejak Tahun 2009, saya memulai karir jurnalistik. Dimana saat itu saya bergabung dalam perusahaan media bernama Pasundan Ekspres (Jawa Pos Group). Dari mulai mengawali karir menjadi “wartawan desa”, redaktur, Pimpinan Redaksi (Pimred), sampai dengan Kepala Kantor terus saya lakoni.

Dan secara kebetulan, saat itu saya juga masih melakoni sebagai mahasiswa serta aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang.

Melakoni karir sebagai jurnalis memang tidak-lah mudah. Pengalaman ini hanya dapat dirasakan bagi setiap individu manusia yang pernah berkarir sebagai jurnalis. Karena tidak semua orang yang melakukan kegiatan jurnalistik bisa disebut jurnalis. Tetapi tentu, bagi setiap orang yang berprofesi sebagai jurnalis pasti melakukan kegiatan jurnalistik. Setip hari, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detiknya.

Dan tidak semua orang mampu melakoni karir ini dengan rentan waktu yang cukup panjang. Karena profesi untuk mengungkap kebenaran dari sebuah studi kasus sangatlah erat kaitannya dengan resiko terhadap ancaman nyawa. Biar kami saja yang melakoninya, karena profesi ini berat!.

“Karena saya berani mengatakan : Bohong besar, jika seseorang menjalani profesi sebagai jurnalis hanya untuk kepentingan ikhtiar ekonomi pribadi semata. Jika bukan atas dasar hobi dan kecinta’an, maka seseorang tersebut akan terpental dimakan waktu”. (Catatan Mang Adk)

Sekitar pertengahan 2014, saya “sempat istirahat” dari profesi ini. Karena faktor kejenuhan dalam menulis, serta berharap bisa mencari suasana baru ditengah hiruk pikuk persaingan bisnis media masa. Saya sempat melakoni profesi karyawan swasta di salah satu kawasan industri di Karawang.

Namun ternyata rindu akan menulis itu berat. “Saya yang sudah Move-On, Kemudian Rindu dan Jatuh Hati Lagi” terhadap dunia jurnalis. Karena memang sejak usia Sekolah Dasar (SD), hobi saya memang menulis dan menggambar.

Dan secara kebetulan, kawan saya yang masih merupakan eks-Jawa Pos Group juga mengajak untuk bergabung dengan sebuah perusahaan media online yang bernama BaskomNews.com. Bagi saya pribadi saat itu, ini adalah kesempatan yang kembali ditawarkan Tuhan YME atas kegelisahan dan kerinduan saya di dalam menulis. Hingga kini akhirnya saya dipercaya sebagai Pimpinan Redaksi BaskomNews.com.

Namun ada yang menggelitik di dalam pikiran saya pribadi saat itu. Kenapa namanya harus BaskomNews.com. Apakah filosofi nama media ini?. Karena yang saya tahu, Baskom adalah sebuah wadah kecil tempat menampung air yang biasanya dipakai oleh orang-orang desa zaman dulu. Kenapa namanya harus BaskomNews.com….? (Bersambung)

Ditulis :

Ade Kosasih, SE/ Mang Adk (Pimred BaskomNews.com)

“Mengukir 1 Tahun Usia BaskomNews.com)

SHARE