Tere Liye : Penulis Hebat Harus Tahan Banting

Tere Liye, Novelis berbakat Indonesia.

“Jangan pernah mengeluh jika hasil karya tulisan kamu sering ditolak oleh penerbit. Jika ingin jadi penulis hebat harus tahan banting,”

BaskomNews.com – Novelis berbakat Indonesia Darwis atau yang sering di kenal dengan “Tere Liye” bercerita tentang pengalamannya selama menjadi seorang penulis buku. Jatuh bangun ditolak hasil karyanya pernah dialaminya. Tetapi dirinya tidak pernah menyerah untuk terus menulis.

“Buku pertama di tolak oleh penerbit, buku kedua di tolak, buku ketiga di tolak, buku ke empat baru diterima oleh salah satu penerbit,” tuturnya, pada saat menjadi Narasumber di acara penghargaan karya tulis jurnalistik, di Gedung Anggrek PT. Pupuk Kujang, Rabu (8/8/2018).

Hasil karyanya yang di terbitkan pertama kali itu dengan Judul “Hafalan Sholat Delisa”. Dirinya mengaku sangat senang ketika hasil karyanya diterbitkan. Kemudian dirinya berpesan kepada semua para penulis, jika syarat ingin menjadi seorang penulis yang hebat haruslah tahan banting.

“Jangan pernah mengeluh jika hasil karya tulisan kamu sering ditolak oleh penerbit. Jika ingin jadi penulis hebat harus tahan banting,” katanya.

Tere Liye juga berpesan, jika ingin hasil karya tulisannya menjadi menarik dan banyak pembacanya, tentu seorang penulis harus melakukan Riset.

Kemudian, seorang penulis juga harus mampu menulis multi genre, ketika karyanya ingin disukai oleh orang banyak. “Kenapa harus genre yang berbeda, agar manfaatnya pembaca tidak bosan jika membaca hasil karya kita nantinya,” pesanya.

“Ketika seorang penulis mampu menulis dengan genre yang berbeda, selain pembaca tidak bosan juga akan mampu mengeduk segmen pasar,” pungkasnya. (Pls)

SHARE