Nama Cellica Dicatut untuk Penipuan Sumbangan Baksos Anak Yatim-Jompo Lewat Facebook

Melalui akun facebook palsu, si penipu mencoba meminta sumbangan bantuan anak yatim piatu dan jompo dengan cara mengirik ke nomor rekening BRI atas nama Sarimanah.

“Hati – hati akun palsu. Mohon bantuannya untuk melaporkan bahwa akun tersebut adalah palsu. Jangan sampai ada korban,”

BaskomNews.com – Nama Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dicatut untuk modus penipuan sumbangan bakti sosial (baksos) sumbangan anak yatim piatu dan jompo lewat media sosial facebook.

Sebuah akun palsu tengah melancarkan aksi tipu-tipu memanfaatkan popularitas Bupati Karawang. Masyarakat pun diminta waspada, karena pemilik akun itu kerap meminta sumbangan melalui private message.

“Tolong partisipasinya mau adakan baksos buat anak yatim dan jompo,” tulis akun tersebut kepada seorang warganet.

Pemilik akun meminta calon korbannya untuk menyumbang uang melalui rekening Bank BRI nomor 42450 1014350538 atas nama Amah Sarimanah.

“Ya ini lagi kumpulkan penggalangan dana bagi yang ingin menyumbang,” tulis pemilik akun.

Untuk mengelabui warganet, akun tersebut menggunakan foto profil Bupati Cellica yang berseragam putih. Akun itu juga memuat foto bupati saat sedang berpose dengan anak dan keluarganya.

Melalui akun facebook yang asli, Bupati Cellica memberitahukan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan modus penipuan di facebook yang mencatut nama dirinya.

Jika lebih jeli, kita bisa langsung tahu jika akun tersebut bukan milik Bupati Cellica. Pasalnya pemilik menamai akun itu dengan eja’an Cellica Nurachadianna (dobel huruf N). Penulisan nama yang keliru mengingat nama bupati Karawang seharusnya ditulis Cellica Nurrachadiana (tidal dobel huruf N).

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengonfirmasi jika akun tersebut adalah palsu. “Hati – hati akun palsu. Mohon bantuannya untuk melaporkan bahwa akun tersebut adalah palsu. Jangan sampai ada korban,” kata Bupati melalui status facebooknya.

Mencegah lebih banyak korban, bupati lalu mengunggah tangkapan layar private message saat pemilik akun itu membujuk warganet untuk mentransfer uang.

Berdasarkan penelusuran, akun tersebut mengganti foto profil menggunakan foto bupati pada Rabu tengah hari (4/7/2018), sekitar pukul 12.00 WIB. Hingga berita ini ditulis, akun tersebut memiliki 101 teman. (red)

SHARE