Usai Nyoblos, Komunitas Karyawan Toyota Blusukan ke Hutan Kutatandingan, “Gunting Mata Rantai Tengkulak”

“Disini kami melakukan panen Kopi Robusta khas Karawang, serta beberapa jenis buah”

BaskomNews.com – Seakan tak ada matinya. Di saat libur kerja, Pilkada Serentak, Rabu (27/6/2018), komunitas karyawan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yang mengatasnamakan Karyawan Toyota Peduli (KTP), tetap beraktivitas.

Mereka, blusukan ke pelosok Karawang, melakukan kerja nyata, untuk warga dan petani di sana. Kali ini, lokasi yang didatangi adalah hutan di Kuta Tandingan, Desa Mulyasejati Kecamatan Ciampel.

“Pasca pencoblosan, kami langsung meluncur ke hutan ini,” ujar Ketua KTP, Asep Mulyana, kepada NaskomNews.com.

Lantas, apa yang dilakukan di hutan tersebut? “Disini kami melakukan panen Kopi Robusta khas Karawang, serta beberapa jenis buah, seperti sirsak, jeruk manis, labu Bali dan hasil panen kebun lainnya,” ucap pria yang akrab disapa Kang Dam ini.

Kegiatan tersebut, sambung dia, dilakukan untuk membantu petani, sekaligus memotong mata rantai tengkulak. “Kami mendatangi langsung petani di hutan, dan langsung membeli hasil tanamnya, tentunya dengan harga jauh lebih tinggi dari tengkulak,” kata dia.

Hasil panen para petani di hutan tersebut, sambung dia, kemudian akan dipasarkan langsung ke konsumen, dumulai dari para anggota KTP, kemudian ke pasar umum.

“Kami ingin membantu para petani, khususnya dalam perekonomiannya,” kata Kang Dam. (SiD)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here