Pengurus SMSI Jabar Dikukuhkan, Aher: Harus Hadir sebagai Klarifikator Pemberitaan

“Ketika ada SMSI, ini hadir sebagai klarifikator pemberitaan”

Baskomnews Bandung – Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jawa Barat, dikukuhkan, Kamis (10/5/2018). Pengukuhan dilakukan di Gedung Pakuan, oleh Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan (Aher).

“Saya berharap, SMSI bisa berperan dalam penanggulangan hoax,” ujar Aher, dalam sambutannya.

Kehadiran SMSI, lanjut dia, bisa membangun media-media online menjadi media yang bisa memberi informasi seakurat mungkin dan hadir sebagai klarifikator pemberitaan.

“Ketika ada persoalan yang menjadi persoalan nasional, berita hoax, ketika ada SMSI, ini hadir sebagai klarifikator pemberitaan,” lanjut Aher.

Berita hoax, sambung Aher, berbahaya karena akan emnimbulkan pemahaman yang salah pada masyarakat.

“Fungsi ini sangat penting, agar ketika menghadapi isu tertentu, SMSI bisa menjadi rujukan informasi,” ucapnya.

Aher juga mendorong media online di Jawa Barat agar menampilkan berita secara inovatif agar berkembang dari segi bisnis.

“Unsur bisnis dalam bentuk iklan, dan lain-lain, itu harus dicari melalui cara menampilkan media masing-masing yang punya diferensi masing,” ujar Aher.

Di tempat yang sama, Ketua SMSI Jawa Barat, Hardiansyah, mengatakan, media online bertanggung jawab pada isu yang beredar di masyarakat terutama menghadapi tahun politik.

“SMSI ada di garda terdepan dalam penanggulangan hoax di media. Apalagi tahun politik sekarang, SMSI bertanggung jawab menyukseskan pilkada dan pilpres,” katanya. (SiD)

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here