KPU Karawang Gelar Sosialisasi Pilgub Jabar untuk Pemilih Disabilitas

oleh -
Para penyandang Disabilitas dan anggota KPU Karawang mendokumentasikan diri.

“Saya harap setelah sosialisasi ini bisa menambah wawasan teman-teman penyandang disabilitas, sehingga teman-teman disabilitas ini jangan hanya menjadi penonton saja”

BaskomNews.com – Dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang melakukan sosialisasi kepada para penyandang disabilitas yang berlokasi di Aula Sakura Indo Alamsari Karawang, Minggu (1/4/2018).

KPU Kabupaten Karawang selaku penyelenggara juga menyiapkan alat bantu bagi penyandang disabilitas. Aalat bantu tersebut yang nantinya akan diterapkan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Karawang.

Hal ini mendapat respons yang bagus dari  para penyandang disabilitas yang hadir di acara tersebut. Terlebih acara juga dihadiri ketua dan anggota Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) yang sangat berharap agar penyandang disabilitas bisa termotivasi dalam menyambut Pilgub Jawa Barat.

“Saya harap setelah sosialisasi ini bisa menambah wawasan teman-teman penyandang disabilitas, sehingga teman-teman disabilitas ini jangan hanya menjadi penonton saja. Melainkan bisa ikut andil, bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi penyelenggara,” kata Nanang Kosim, Ketua PPDI Karawang dan juga selaku agen Sosialisasi KPU Jawa Barat.

Sementara itu, saat ini kurang lebih baru ada sekitar 2.500 penyandang disabilitas yang terdaftar dalam Data Pemilih Tetap (DPT), dan data tersebut sedang dicocokan oleh KPU Karawang.

“Ia, DPT sementara penyandang disabilitas baru terdaftar sekitar 2.500. Untuk sekarang saya juga sedang mencocokan data yang ada di KPU, agar kami bisa tahu berapa jumlah hak pilih disabilitas di Karawang,” kata Nanang.

Nanang juga mengatakan, akses maupun alat bantu bagi penyandang disabilitas lebih diprioritaskan, terutama sarana dan prasarana agar jaraknya bisa dijangkau.

“Semoga alat bantu yang disiapkan KPU maupun aksesnya bisa membantu penyandang disabilitas, terutama sarana dan prasarananya bisa dijangkau jaraknya,” katanya.

Nanang juga mengucapkan banyak terimakasih kepada KPU Karawang, yang telah mengamanahkan kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi agen sosialisasi KPU Provinsi Jawa Barat tahun ini. (zay)