Nakal! Mobil Dinas Pemkab Karawang Banyak yang Berubah Warna Plat Nomor, Bahkan ada Juga Yang…

oleh -

“Bila perlu, Kapolres Karawang menurunkan fatwanya untuk menangkap saja”

BaskomNews.com – Di Karawang, ada fenomena, mobil plat merah milik pemerintah, diganti plat nomornya menjadi hitam. Bahkan parahnya lagi, bukan sebatas ganti plat nomor, segelintir oknum PNS yang diberikan inventaris mobil dinas, malah menyalahgunakannya.

Beranjak dari fenomena ini, praktisi hukum Karawang, Asep Agustian, SH, MH, meminta Polres Karawang melakukan penertiban. Hal itu, kata dia, karena jelas-jelas sudah melanggar.

“Bila perlu, Kapolres Karawang menurunkan fatwanya untuk menangkap saja para pejabat atau PNS yang melakukan pelanggaran itu,” ujarnya, kepada BaskomNews.com, di kantornya, Rabu (28/3/2018).

Dikatakan dia, mobil dinas plat merah yang dirubah menjadi hitam, di Karawang begitu mudah ditemui. Bahkan, sangat begitu bebas berlalu lalang di jalanan.

“Dalam hal ini, Bupati dan Wakil Bupati harus tegas. Cepat ambil tindakan, dan tindak tegas pelakunya. Biar pejabat yang menggunakan mobil tersebut juga malu, atau memang pejabat Karawang tak punya malu,” tandasnya.

Tak hanya persoalan merubah plat merahnya, sambung Askun, di kota pangkal perjuanagan ini ternyata ada yang lebih memalukan, yaitu masih banyaknya mobil dinas pejabat yang belum membayar pajak perpanjangan.

“Sekali lagi, Bupati harus segera menindak jangan diam saja. Hapus saja slogan mewajibkan bayar pajak kalau pejabat saja memberi contoh yang tidak baik,” katanya.

Selain itu, Apalagi jika memang ada kendaraan milik Negara yang digadaikan oleh pejabat yang bersangkutan, itu jelas pidana.

“Ya kalau memang terjadi digadaikan kendaraan dinas Pemda Karawang oleh oknum pejabat, Kepolisian harus segera bersikap untuk menegakan hukum yang setagak-tegaknya dan Bupati harus beri sanksi berat, seperti menurunkan jabatanya,” katanya. (red)