Soal Postingan Meme Ketua DPRD Karawang di Instagramnya, Ketua Panwaslu: Masih Kami Kaji

oleh -

“Saat ini kami masih melakukan pengkajian dulu (postingan meme itu)”

BaskomNews – Panwaslu Kabupaten Karawang masih mengkaji indikasi kampanye hitam yang dilakukan Ketua DPRD Karawang, H. Toto Suripto, yang dilakukannya melalui status meme di akun instagramnya, @h_totosuripto.

Dalam postingannya itu, politisi PDIP ini meng-upload sebuah gambar meme sindiran terhadap Kang Emil (Ridwan Kamil), salah satu kontestan Pilgub Jabar 2018.

“Saat ini kami masih melakukan pengkajian dulu (postingan meme itu). Apakah itu masuk katagori black campaign (kampanye hitam) atau tidak nantinya,” ujar Ketua Panwaslu Karawang, Syarif Hidayat, saat ditemui BaskomNews.com, Senin (26/3/2018), di kantornya.

Dikatakan dia, dalam hal ini pihaknya juga masih menunggu laporan dari warga atau tim pendukung paslon terkait, yang merasa dirugikan.

Untuk menindaklanjuti adanya indikasi black campaign, kata dia, harus adanya pelapor dan jelas bukti-buktinya.

“Tapi laporan itu ada tenggang waktunya dan pelapor harus menyiapkan bukti – buktinya,” sambungnya.

Dirinya juga mengingatkan, di tahun politik ini, masyarakat dan para pelaku politik harus berhati-hati dan menjunjung siatuasi yang kondusif dalam berkampanye.

Sebelumnya, Pada Rabu (21/3/2018), Toto Suripto yang merupakan politisi PDI Perjuangan ini meng-upload sebuah gambar meme sindiran terhadap Kang Emil, mengenai kondisi banjir di salah satu daerah di Bandung.

Dalam upload meme sindiran terhadap Kang Emil ini, Toto memang tidak membuat status instagram hanya mengaploud gambar tersebut dan menulis di komen,

“Tuh karyanya”. Kemudian, status dan upload gambar meme oleh Toto Suripto ini memang hanya mendapatkan “10 like” dari warga netizen instagram.

Namun salah seorang warga instagram dengan akun @boni_putrabowo langsung menge-tag akun instagram Kang Emil dengan akun @ridwankamil. Salah seorang warga instagram lainnya dengan akun @riswandi.menel sepertinya tidak senang dengan status dan meme instagram Toto Suripto tersebut. Sehingga yang bersangkutan berkomentar sebagai berikut :

“Anda itu ketua DPRD, berkampanyelah dengan santun, bukan dengan cara menyerang kandidat lawan yg bertujuan untuk menjatuhkan. saran saya, lebih mengkampanyekan program2 kandidat yang anda dukung. Sudah saatnya kita memiliki kedewasaan dalam berdemokrasi. Jawa Barat butuh politik yg berkualitas dengan tetap menjaga nilai2 kerukunan”, tulis @riswandi.menel dalam komentarnya. (zay)