Terkait JLM, Kepala DPMPTSP Karawang Ditahan Hari ini, Benar atau Hoax?

oleh -
Kepala DPMPTSP Karawang, Dedi Achdiyat.

BaskomNews.com – Pasca penahanan 4 tersangka dugaan pemalsuan (penipuan) izin PT. Jatisari Lestari Makmur (JLM), yaitu dengan tersangka dua oknum calon perizinan berinisial J dan L, serta dua tersangka dari internal perusahaan berinisial W dan A, kabarnya Selasa sore ini (27/2/2018), Kepala DPMPTSP Karawang, Dedi Achdiyat juga ikut ditahan Polda Metro Jaya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BaskomNews.com di lapangan, Selasa pagi tadi Dedi Achdiyat kembali mendapatkan panggilan pemeriksaan di Unit Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Setelah sebelumnya pada 9 Pebruari 2018, empat tersangka yang ditetapkan mendapatkan panggilan yang sama dan langsung ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya.

Namun terkait kebenaran informasi benar atau tidaknya penahanan terhadap Kepala DPMPTSP Karawang ini, belum ada satu pun pejabat Pemkab Karawang yang bisa dimintai keterangannya mengenai apakah ini kabar pasti atau hanya sekedar kabar hoax.

Karena hingga pukul 17.15 WIB, informasi teranyar yang menggegerkan lingkungan Pemkab Karawang ini masih jadi perbincangan “warung kopi” pada aktivitas Karawang yang selama ini konsen mengawal isu PT. Jatisari Lestari Makmur.

Namun di sisi lain, salah seorang aktivis Karawang yang masih enggan disebutkan namanya membenarkan, jika Selasa pagi tadi yang bersangkutan (Dedi Achdiyat, red) memang dipanggil Unit Kriminal Umum Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan.

Bahkan salah seorang aktivis ini menyebutkan, jika Dedi Achdiyat diperiksa dari pagi sampai dengan pukul 16.00 WIB. Adapun mengenai kabar pasti benar atau tidaknya Dedi Achdiyat langsung ditahan, salah seorang aktivis ini belum bisa memastikannya.

“Benar Pak Dedi Achdiyat diperiksa tadi pagi sampai jam 4 sore. Denger-denger langsung ditahan. Tapi belum pasti juga. Coba cek ke beberapa pejabat di lingkungan pemkab,” tutur narsumber (aktivis Karawang) yang selama ini terlihat konsen mengawal isu PT. JLM.

Pada kesempatan berbeda, BaskomNews.com mencoba melakukan klarifikasi ke beberapa pejabat BKPSDM Karawang. Namun hingga berita ini masuk meja redaksi, belum ada satu pun pejabat yang bersangkutan angkat bicara untuk memberikan penjelasan.