Gabres, Lestarikan Gotong Royong di Dusun Gongcai, Pemuda dan Tomas Bersihkan Got

“Kami turun ke jalan membersihkan jalanan dan selokan ini setiap hari Minggu. Kami  tergerak untuk melakukan aksi ini karena banyaknya selokan yang mampet”

BaskomNews.com – Di kampung ini, budaya gotong royong masih kental. Terbukti, Minggu (4/2/2018), sejumlah anak muda berikut orang tua dan tokoh masyarakat, turun ke jalan, bersama-sama membersihkan jalanan serta selokan yang ada di wilayahnya.

Kampung itu berada di Dusun Gongcai I Desa Telukbango Kecamatan Batujaya, Karawang. Dan para pemuda serta masyarakat yang gotong royong membersihkan jalanan serta selokan itu menamakan dirinya GABRES (Gerakan Bersih-Bersih Selokan).

“Kami turun ke jalan membersihkan jalanan dan selokan ini setiap hari Minggu. Kami  tergerak untuk melakukan aksi bersih-bersih selokan karena banyaknya selokan atau saluran air di wilayah kami yang mampet,” ujar Roni, salah satu pemuda di dusun tersebut.

Harapan dari aksi tersebut, tambah dia, supaya bisa menimbulkan candu kepada warga lainnya dan menumbuhkan kesadaran dari semua lapisan masyarakat, untuk bisa peduli terhadap lingkungannya.

Di tempat yang sama, seorang tokoh masyarakat setempat, Surono atau yang akrab disapa Om, mengungkapkan, dirinya sangat apresiasi terhadap gerakan yang dilakukan pemuda dan masyarakat di dusun tersebut. Dia berharap, aksi tersebut bisa terus dilakukan dan budaya gotong royong di dusun tersebut tidak pudar.

“Kami juga berharap semoga pemerintah dan instansi terkait bisa lebih peka terhadap lingkungan. Jangan hanya jalan yang diperhatikan, tapi saluran air dibiarkan begitu saja. Harus ada keseimbangan,” katanya. (Vzy)

 

SHARE