Polantas Karawang Razia depan GOR, Puluhan Kendaraan Kena Tilang

oleh -

“Razia sendiri dimaksudkan untuk menciptakan kondisi ketertiban lalu lintas di jalan raya”

BaskomNews.com – Bagi para pengendara motor dan mobil yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), sebaiknya mendatangi Polres Polres Karawang jika tidak mau kena tilang Polisi. Pasalnya, meskipun Operasi Zebra Lodaya 2017 sudah berakhir, namun polisi masih terus melakukan razia dengan sasaran pengendara roda dua dan empat yang tidak melengkapinya dengan surat kendaraan serta SIM.

Seperti puluhan kendaraan ruda dua dan roda empat yang melintas di jalan raya Achmad Yani Baypas Karawang, yang terjaring razia oleh petugas Satlantas Polres Karawang karena tidak memiliki kelengkapan surat berkendara serta tak menggunakan helem ganda saat melintas di kawasan terib lalulintas.

“Razia sendiri dimaksudkan untuk menciptakan kondisi ketertiban lalu lintas di jalan raya. Terutama di jalan kawasan tertib lalulintas seperti di Jalan raya Achmad Yani Baypas ini karena masih banyak pengendara yang tidak tertib lalulintas,” kata Kanit Lantas Polres Karawang IPDA Anwar, kepada Baskomnews.com, Minggu (19/11/17).

Dalam operasi yang berlangsung selama satu jam di Jalan Achmad Yani. Tepatnya deoan Pos Polisi Panatayuda Karawang, puluhan pengendara motor dan mobil terjaring razia, hingga langsung dilakukan tilang ditempat yang diantaranya 39 tilàng STNK dan 1tilang SIM.

“Mayoritas mereka tidak mengantongi STNK, kemudian ada juga yang tqk memiliki SIMk, dan tidak menggunakan helm ganda dan tak mwnyalakan lampu utama serta sabuk pengaman,” ungkapnya.

Dalam razia tersebut, terlihat petugas meminta para pengguna jalan baik roda dua maupun empat untuk memperlihatkan surat kendaraan secara lengkap.

Selain itu, petugas juga meneliti surat kendaraan dan kelengkapan lainnya seperti SIM. Bagi yang tidak bisa menunjukkan STNK dan SIM, polisi langsung mengeluarkan surat tilang.

“Operasi yang sedang dilakukan ini merupakan peringatan bagi pengguna jalan yang masih membandel dan sering melakukan pelanggaran lalu lintas. Contoh ya di jalan yang merupakan kawasan tertib lalulintas ini,” katanya.

Dijelaskannya, sasaran dalam operasi ini khususnya bagi para pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas seperti tidak memakai helm, memakai knalpot bising, tidak dilengkapi surat-surat kendaraan bermotor dan lainnya.

“Kami harap dengan terus dilakukannya operasi ini masyarakat bisa lebih tertib lagu dalam berkendara. Terutama bagi pengendara yang belum mempunyai SIM diharap agar segera mendatangi Polres Karawang membuatnya,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini Polres Karawang terus gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat khususnya sekolah-sekolah berupa imbauan untuk mematuhi peraturan lalulintas.

Karena selain Operasi zebra Lodaya seperti yang beberapa waktu lalu sudah dilakukan selama 14 hari kemari. Kegiatan razia ini merupakan kegiatan rutin setiap yang dilakukan Polres Karawang.

“Kami harap di daerah target operasi dapat terjadi penurunan pelanggaran lalu lintas dan peningkatan disiplin. Serta menurunnya angka fatalitas lakalantas dan penurunan angka lakalantas,” pungkasnya. (Zak).