Bupati Kecolongan Lagi, 27 Hektar Lahan Teknis Sawah Disulap Jadi Perumahan

oleh -
Sidak Perumahan- Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Karawang

“Kebanyakan pengembang perumahan itu hanya memikirkan untung terlebih dahulu. Mereka tidak memprioritaskan fasos-fasum. Nanti ending-nya soal jalan rusal dan lain-lain malah pemda yang didemo”

BaskomNews-Lagi, Bupati dan Wakil Bupati Karawang kecolongan dalam hal merawat lahan teknis pertanian di Karawang. Pasalnya, sekitar 27 hektar lahan teknis pertanian di Dusun Babakan Tampol Desa Bengle Kecamatan Majalaya kembali disulap menjadi perumahan oleh pengembang.

Saat melakukan sidak ke lokasi pembangunan perumahan yang dibangun oleh PT. Karya Metta Mangala ini, Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) mengatakan, sebenarnya tidak ada pelanggaran RTRW di dalam pembangunan perumahan oleh PT. Karya Metta Mangala.

Namun demikian ada beberapa pelanggaran yang dilakukan pengembang berdasarkan surat edaran dari Bupati Karawang. Yaitu terkait pembangunan perumahan yang harus memprioritaskan lahan yang berdekatan dengan pemukiman warga (bukan lahan teknis pertanian).

“Ini tidak akan kita segel. Paling nanti kita panggil dulu. Karena RTRW-nya memang memperbolehkan. Tapi sayang saja kenapa lokasi pembangunannya tidak di lahan yang berdekatan dengan pemukiman warga. Ini kan sayang lahan pertanian produktif,” tutur Kang Jimmy, Selasa (31/10).

Kemudian, setelah berdiskusi dengan salah satu mandor pembangunan, Kang Jimmy juga menemukan pelanggaran yang dilakukan pihak pengembang. Yaitu dimana pihak pengembang tidak mendahulukan untuk membangun fasos-fasum seperti Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Sehingga Kang Jimmy meminta agar pembangunan perumahannya dihentikan untuk sementara waktu. “Kebanyakan pengembang perumahan itu hanya memikirkan untung terlebih dahulu. Mereka tidak memprioritaskan fasos-fasum. Nanti ending-nya soal jalan rusal dan lain-lain malah pemda yang didemo. Paadahal fasos-fasumnya belum diserah terimakan,” tandas Kang Jimmy.

Selain melakukan sidak ke pembangunan perumahan PT. Karya Metta Mangala, Kang Jimmy yang didampingi oleh pejabat DPMPTSP Karawang, Dinas Pertanian, BPN Karawang, Camat dan Kades tersebut juga melakukan sidak ke pembangunan perumahan di Dusun Gokgik Desa Lemahmulya Kecamatan Majalaya.

Yaitu dimana pembangunan perumahan oleh PT. Bumi Karawang Properti ini juga memakan lahan teknis pertanian seluas 4,6 hektar.(king)