Pidato Kiyai Pancasila Syarat Filosofis Untuk Pemerintahan Cellica-Jimmy

oleh -

“Kalau pelabuhan sudah lapuk, maka kita harus secepatnya berputar arah. Saya yang memimpin saya yang bertanggungjawab. Kita harus mandiri, harus independen. Tidak bergantung pada suatu kekuasaan,”

BaskomNews.com – Sambutan ataupun pidato Ketua MPC Pemuda Pancasila Karawang, DR. Rakhmat Gunadi M.Pd terdengar memiliki banyak syarat filosofis untuk pemerintahan Cellica-Jimmy.

Pidato yang disampaikan Rakhmat Gunadi ini disampaikan dalam kesempatan seremonial pembukaan HUT Pemuda Pancasila ke 58 tahun, di Hotel Mercure Karawang, Minggu (29/10).

Rakhmad Gunadi yang sering disapa sebagai Kiyai Pancasila oleh para aktivis Karawang tersebut menyampaikan, jika selama ini organisasinya sudah lama berkiprah di Karawang

Oleh karenanya, sambung Gunadi, eksistensi dan karya Pemuda Pancasila dalam pembangunan tidak bisa lepas dari peran serta masyarakat.

Di pertengahan sambutannya, tiba-tiba Gunadi mengeluarkan pernyataan yang banyak mengandung makna filosofis yang diduga kuat untuk otokritik terhadap pemerintahan Cellica-Jimmy. Berikut adalah bunyi pidatonya :

“Kalau pelabuhan sudah lapuk, maka kita harus secepatnya berputar arah. Saya yang memimpin saya yang bertanggungjawab. Kita harus mandiri, harus independen. Tidak bergantung pada suatu kekuasaan,” kata Rakhmat Gunadi.

“Kita yakin kita bisa mandiri. Karena kita tidak pernah melacurkan diri kepada kekuasaan. PAC rapatkan semua organisasi kita. Karena ini bukan demi orang perorang atau kelompok. Akan tetapi untuk organisasi,” tandas Kiyai Pancasila.(king)