Kalahkan Sassuolo, Napoli Makin Kokoh di Puncak Klasmen Serie A

oleh -

Bagi I Partenopei, ini adalah kemenangan ke-10 mereka dari 11 laga yang telah dijalani. Sementara, satu laga lainnya berakhir dengan hasil imbang ketika menghadapi Inter Milan.

BaskomNews.com РKalahkan Sassuolo, Napoli makin kokoh di puncak klasmen Serie A Liga Italia. Napoli ruanya belum juga tersentuh kekalahan usai mengemas kemenangan meyakinkan atas tamunya, Sassuolo, dengan skor 3-1 dalam lanjutan Serie A di Stadion San Paolo, Minggu (29/10/2017) malam WIB.

Bagi I Partenopei, ini adalah kemenangan ke-10 mereka dari 11 laga yang telah dijalani. Sementara, satu laga lainnya berakhir dengan hasil imbang ketika menghadapi Inter Milan.
Dengan tambahan tiga angka, Napoli pun semakin kokoh di puncak klasemen sementara. Mereka kini mengoleksi 31 poin atau unggul tiga angka atas Juventus dan Lazio yang menguntit di posisi kedua dan ketiga.

Turun dengan kekuatan penuh, Napoli membuka keunggulan ketika laga memasuki menit ke-22. Gol ini tak lepas dari kesalahan pemain Sassuolo yang kehilangan bola di tepi kotak penalti.

Allan yang berlari dari belakang berhasil merebut bola untuk kemudian tinggal berhadap-hadapan dengan kiper lawan Andrea Consigli. Dengan tenang, gelandang asal Brasil itu menceploskan bola dengan sepakan mendatar ke arah kiri gawang lawan.

Unggul satu gol membuat Napoli terlihat begitu nyaman menguasai jalannya laga. Mengalirkan bola dari satu sisi ke sisi lainnya untuk membongkar ketatnya pertahanan lawan. Sementara, Sassulo hanya mengandalkan serangan balik.

Napoli bahkan nyaris memperlebar jarak keunggulan pada menit ke-29. Berawal dari sepak pojok, bola disapu oleh pemain Sassulo. Akan tetapi, bola rebound jatuh di hadapan Faouzi Ghoulam yang langsung meneruskannya dengan sepakan roket kaki kanan. Sayang, bola masih membentur tiang gawang.

Memasuki empat menit jelang turun minum, Sassuolo mengejutkan tuan rumah. Serangan mereka berhasil menemui sasaran sehingga kedudukan sama kuat 1-1.

Gol berawal dari serangan yang dibangun dari sisi kiri pertahanan Napoli. Matteo Politano mengirimkan umpan silang matang ke tengah kotak penalti. Di sana, sudah menunggu Diego Falcinelli yang menyambutnya dengan tandukan mengarah ke pojok kiri gawang lawan sehingga membuat Pepe Reina hanya terpaku.

Meski demikian, skor imbang hanya bertahan tiga menit. Karena pada menit ke-44, Napoli berhasil kembali meraih keunggulan.

Gol penting itu lahir melalui sepak pojok yang dikirimkan ke tiang dekat. Di sana, ada Lorenzo Insigne yang mencoba menyambut dengan sundulan. Akan tetapi, arah bola terlihat berbelok terlebih dahulu setelah mengenai tinju dari Consigli. Jadilah, gol tersebut disahkan sebagai gol bunuh diri sang kiper.

Unggul satu gol tak lantas membuat Napoli menurunkan tensi serangan. Permainan bertahan yang diterapkan Sassuolo membuat tuan rumah terus menerus mendapatkan ruang untuk menyerang. Alhasil, gol ketiga pun lahir pada menit ke-54.

Lagi-lagi, gol itu berawal dari skema sepak pojok. Kali ini, bola diumpan pendek kepada Jose Callejon yang meneruskannya dengan umpan silang ke tiang jauh. Di sana sudah menunggu Raul Albiol untuk memberikan umpan sundulan ke mulut gawang.

Bola pun menghampiri jalur lari Dries Mertens yang bebas tak terkawal. Menggunakan pahanya, bomber asal Belgia ini dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong akibat Consigli yang sudah salah langkah.

Ketinggalan dua gol membuat Sassuolo tak memiliki pilihan lain kecuali menyerang. Akan tetapi, tak ada ancaman yang benar-benar nyata. Hingga laga berakhir, Sassuolo pun hanya mampu menguasai bola 27:73 dengan hanya satu percobaan tepat sasaran dari delapan kali usaha mereka.

Dengan kekalahan ini, Sassuolo menempati posisi ke-17 atau hanya satu garis di atas zona degradasi. Mereka baru mengoleksi delapan angka dari 11 laga yang telah dijalani. (kum)