PMII: Mulusnya Perizinan Pembangunan Pabrik PT JLM sudah Dirancang

oleh -
Ketua II Eksternal PMII Cabang Karawang, Nurdin Pelez

“Ada sinyal ini buah dari lambatnya penetapan Perda LP2B oleh legislatif di Karawang”

BaskomNews.com – Mulusnya perizinan pembangunan pabrik PT. Jatisari Lestari Makmur (JLM) di atas lahan produktif yang dilindungi undang-undang di Kecamatan Jatisari, Karawang, ditengarai lantaran buah dari lambatnya Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) ditetapkan oleh DPRD setempat.

“Ada sinyal ini buah dari lambatnya penetapan Perda LP2B oleh legislatif di Karawang,” ,” ujar Ketua II Eksternal PMII Cabang Karawang, Nurdin Pelez, sesaat tadi kepada Baskomnews.com.

Seolah, kata dia, ini direkayasa, supaya para investor yang ingin menggerus lahan pertanian produktif di Kabupaten Karawang, bebas untuk beralih fungsi menjadi pabrik atau perumahan komersil.

“Hal ini jelas, dengan ramainya ada oknum anggota dewan yang memuluskan perizinan PT JLM untuk mendirikan pabrik di lahan pertanian produktif,” sambungnya.

BACA: Ada Kekuatan Besar di Balik Pembangunan Pabrik PT JLM?

Padahal, tambah dia, amanat UU No 41 Tahun 2009 tentang Pertanian Pangan Berkelanjutan sudah jelas. Dimana yang notabennya daerah tersebut adalah sektor pertanian agar membuat Perda LP2B sebagai turunan dari UU No 41 Tahun 2009 untuk tetap menjaga ketahanan pangan.

“Ketika sampai hari ini sudah beredarnya UU No 41 tahun 2009 tapi DPRD Karawang masih mengulur-ngulur penetapan Perda LP2B ini, jelas menjadi pertanyaan besar?” ucapnya.

BACA: Mencuat 2 Nama Wakil Rakyat Karawang “Main” dalam Perizinan PT JLM, Fraksi PKB Bereaksi

Kata dia, lambatnya penetapan Perda LP2B, apakah ada kaitan dengan banyaknya titipan para investor yang ingin bebas mendirikan usahanya di lahan pertanian produktif?

“Sungguh sangat disayangkan jika memang hal ini benar adanya Hal tersebut harus segera diusut tuntas,” katanya. (SiD)