Di Karawang, Hari Santri Nasional Kokohkan Ukhuwah 5 Ormas Islam

oleh -161 views
Kasubag Keagamaan di Bagian Kesra Pemkab Karawang, Muhamad Zaelani

“Kita ingin membuktikan, bahwa kita satu, dan inilah yang menjadikan NKRI kokoh”

BaskomNews.com – Ada yang menarik terkait pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Karawang. Selain Pemkab melalui Bagian Kesra-nya bisa menggelar acara tanpa dana dari APBD, juga menyatukan lima organisasi Islam. Kelima Ormas Islam ini melebur dalam satu kegiatan peringatan HSN yang puncaknya dilaksanakan di Lapang Karangpawitan.

“Dalam pelaksanaan HSN kemarin, lima Ormas Islam, yakni NU, Persis, Muhamadiyah, LDII dan Al Irsyad, berbaur mengikuti penyelenggaraan HSN yang digelar oleh Pemkab Karawang. Ini pelaksanaan peringatan HSN yang pertama kali digelar di Karawang,” ujar Kasubag Keagamaan di Bagian Kesra Pemkab Karawang, Muhamad Zaelani, saat ditemui BaskomNews.com, kemarin.

Dikatakan Zaelani, meski baru yang pertama kali, namun pelaksanaan kegiatan peringatan HSN di Karawang terbilang sukses. Meskipun dalam hal ini, secara khusus Pemkab tidak menganggarkan di APBD untuk kegiatan tersebut.

“Dan pelaksanaan HSN yang dilaksanakan oleh lima Ormas Islam ini, di Jabar, hanya ada di Karawang,” lanjut Zaelani.

Diakui Zaelani, pihaknya memang sengaja menggelar kegiatan peringatan HSN dengan melibatkan kelima Ormas Islam tersebut. “Kita ingin membuktikan, bahwa kita satu, dan inilah yang menjadikan NKRI kokoh,” ucapnya.

Dalam kegiatan perayaan HSN yang digelar dari tanggal 21 Oktober sampai 22 Oktober 2017 itu, masing-masing Ormas Islam mengirimkan perwakilan dari pondok pesantrennya untuk mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan.

“Masing-masing Ormas Islam mengirimkan paling sedikit 50 santri untuk mengikuti sejumlah perlombaan yang kami gelar di HSN kemarin,” jelas Zaelani.

Kedepan, dia berharap, pelaksanaan peringatan HSN di Karawang akan lebih semarak.

“Pelaksanaan yang pertama ini juga tentunya menjadi pijakan untuk tahun depan. Dan ini sudah menjadi agenda tahunan kami. Dalam hal ini, kami juga melakukan evaluasi. Apa kekurangan yang sekarang, akan diperbaiki untuk tahun depan,” katanya. (SID)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *