Dikepung, Ini Hasil Mediasi antara PT FCC dengan Karang Taruna Telukjambe Timur

oleh -

“Dalam proses perekrutan karyawan, perusahaan menetapkan sesuai Perbup, dan proses perekrutan dilakukan melalui satu pintu, yakni Disnakertrans”

BaskomNews.com – PT. FCC di Jalan Maligi Kawasan Industri KIIC, Karawang, dikepung massa dari Karang Taruna Telukjambe Timur. Aksi dilakukan, terkait rekrutmen tenaga kerja. Dan aksi tersebut berakhir dengan mediasi. Berikut hasil mediasinya.

“Dalam proses perekrutan karyawan, perusahaan menetapkan sesuai Perbup, dan proses perekrutan dilakukan melalui satu pintu, yakni Disnakertrans,” ujar Trisila Wuriyanto, HRD PT FCC.

Suasana mediasi. Tampak Kadisnakertrans Karawang, Ahmad Suroto

Selain itu, lanjut dia, perusahaan bersedia memberikan kuota 50 persen bagi warga sekitar untuk dapat mengikuti proses seleksi rekrutmen tenaga kerja melalui wadah karang taruna dan untuk pelaksanaan tes dilaksanakan di Disnakertrans Karawang.

Poin ketiga dari nota kesepakatan itu, tambah dia, kuota penerimaan ditentukan sesuai hasil tes dan warga Wadas tetap akan diprioritaskan. “Selanjutnya, hasil tes dan medical check up akan diinformasikan melalui Disnakertrans Karawang,” ucapnya.

Poin selanjutnya, rekrutmen bulan November 2017, kandidat dari karang taruna sudah dapat diikutsertakan dalam proses seleksi.

Proses mediasi sendiri dihadiri langsung oleh Kepala Disnakertrans Karawang, Ahmad Suroto, beserta camat setempat dan elemen lainnya, termasuk perwakilan dari perusahaan.

“Tuntutan kedua dari nota kesepakatan itu, untuk usaha karang taruna, perusahaan dapat mengakomodir selama karang taruna dapat menunjukkan legalitas dan sesuai dengan kualitas atau persyaratan yang ditentukan,” kata Suroto. (SID)