Pembangunan di Karawang belum Sepenuhnya Terpublish, Padahal ada Anggarannya di Diskominfo

oleh -
Kepala Diskominfo Karawang, Yasin

“Yang triwulan satu sampai tiga sudah kita laksanakan. Itu berupa talk show di TV lokal dan radio-radio lokal Karawang. Nah sekarang tinggal pelaksanaan untuk triwulan keempat”

BaskomNews.com – Pembangunan di Kabupaten Karawang begitu pesat. Namun sayang, kondisi demikian tidak dibarengi dengan publikasi yang maksimal. Padahal, untuk mempublish hasil pembangunan itu, pemkab setempat sudah menganggarkan dana sebesar Rp 559 juta dalam APBD 2017 yang nge-pos di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo).

“Anggaran itu tertuang dalam APBD 2017 dengan nama kegiatan ‘Penyampaian Kegiatan dari Hasil Pembangunan Melalui Media Elektronik’. Besaran anggarannya Rp 559 juta,” aktivis Karawang, Hendra Supriatna, beberapa hari lalu kepada BaskomNews.com.

Pihak Diskominfo Karawang, tak menampik kalau publikasi terkait pembangunan itu belum sepenuhnya dilaksanakan. Menurut Kepala Diskominfo Karawang, Yasin, pelaksanaan dari kegiatan tersebut masih tersisa untuk satu triwulan lagi. Dan dalam pelaksanaannya, ada perubahan.

“Yang triwulan satu sampai tiga sudah kita laksanakan. Itu berupa talk show di TV lokal dan radio-radio lokal Karawang. Nah sekarang tinggal pelaksanaan untuk triwulan keempat,” ujarnya, saat dikonfirmasi BaskomNews.com, beberapa hari lalu di kantornya.

Dikatakan dia, sebelumnya, untuk pelaksanaan kegiatan publikasi tersebut untuk di triwulan terakhir ini akan dilakukan di TV swasta nasional. Namun karena anggarannya tidak memungkinkan, kegiatan dirubah kepada publikasi di TV-TV lokal Karawang.

“Anggaran untuk triwulan keempat ini sebesar Rp 150 juta. Tadinya mau ke TV swasta nasional. Tapi seperti diketahui, bajet untuk penyiaran di TV swasta nasional begitu besar. Makanya, kita rubah menjadi ke TV-TV lokal Karawang,” ucapnya.

Dia membantah kalau selama ini pihaknya tidak melakukan publikasi terkait hasil pembangunan yang dilakukan Pemkab Karawang. “Selain publikasi dan talk show di sejumlah TV dan radio lokal, kami juga melakukan publikasi di sejumlah media-media cetak. Bahkan setiap kegiatan Pemkab Karawang selalu kami bikin rilis dan disebar ke media-media massa,” katanya. (tim)