Ini Kata Amien Rais Soal Niatan Presiden Jokowi Me-Remake Film G30S/PKI

oleh -

“Sejarah tidak bisa diputarbalik, nggak boleh, itu sudah berdasarkan research. Jadi saya curiga kalau dia (Jokowi) mau buat film yang baru, saya curiga sekali”

BaskomNews.com – Politikus senior PAN Amien Rais menaruh curiga kepada Jokowi terkait niatannya untuk  me-remake film G30S/PKI menjadi lebih disesuaikan dengan kaum milenial.

“Sejarah tidak bisa diputarbalik, nggak boleh, itu sudah berdasarkan research,” kata Amien Rais mengawali ungkapan curiganya kepada Jokowi di Hotel Mercure Ancol, Jalan Pantai Indah Ancol, Jakarta Utara, Kamis (21/9/2017).

Kata dia, jadi (sutradara film G30S/PKI) Arifin Noer tidak main-main (membuat film itu). “Jadi saya curiga kalau dia (Jokowi) mau buat film yang baru, saya curiga sekali,” imbuh Amien tanpa menjelaskan lebih lanjut apa yang dicurigainya itu.

Amien meminta Jokowi tak memberikan kesempatan kepada PKI untuk bangkit kembali di Indonesia. Amien pun menyinggung soal pernyataan Jokowi yang hendak menggebuk PKI jika muncul.

Tokoh reformasi itu lalu bicara tentang seorang politikus yang bercokol di Senayan. Amien mengatakan politikus perempuan itu bicara soal kebangkitan PKI. Oleh karenanya, Amien ingin Jokowi bertindak.

“Anggota DPR yang perempuan itu sudah mengatakan sekarang 20 juta, PKI mau bangkit, itu diam saja. Sementara HTI dibubarkan. Itu Jokowi kayak gitu ya. Ini harus jalan, yang menentang (pemutaran film G30S/PKI) itu pasti PKI. Yang tidak setuju ini diputar, pasti PKI,” ungkap Amien.

Presiden Jokowi mengaku tak keberatan TNI dan masyarakat menggelar acara nonton bareng (nonbar) film G30S/PKI. Namun Presiden berharap ada film anyar yang dibuat untuk menyesuaikan dengan karakter generasi milenial.

“Untuk anak-anak milenial tentu saja mestinya dibuatkan lagi film yang memang bisa masuk ke mereka,” kata Jokowi saat ditemui di Desa Mangunsuko, Dukun, Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/9). (den/dtc)