Ricuh di Depan Gedung LBH Jakarta! Polisi Tembakan Gas Air Mata

oleh -

Massa yang sudah mengepung Gedung LBH Jakarta sedari Minggu (17.9/2017) malam, memaksa merangsek masuk ke dalam gedung. Polisi terpaksa menembakkan gas air mata

BaskomNews.com – Ada ricuh di depan Gedung LBH Jakarta, Senin (18/9/2017). Ratusan orang mengamuk, polisi menembakkan water canon dan gas air mata.

Informasi yang diimpun, kejadian bermula saat ratusan orang melakukan aksi pembubaran kegiatan diskusi di Gedung LBH Jakarta, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Aksi dipicu lantaran massa menuding kalau kegiatan di Gedung LBH Jakarta itu berkaitan dengan PKI.

Massa yang sudah mengepung Gedung LBH Jakarta sedari Minggu (17.9/2017) malam, memaksa merangsek masuk ke dalam gedung. Polisi terpaksa menembakkan gas air mata.

Kericuhan terjadi sekitar pukul 01.25 WIB. Massa terus memaksa untuk masuk ke kantor LBH. Aksi mereka ditahan petugas polisi yang berjaga. Namun, massa yang tak terima mulai melempari petugas dengan botol plastik air mineral.

Polisi pun bergerak maju untuk mendorong massa mendekati Gedung LBH Jakarta. Aksi massa makin rusuh dan mulai melempari petugas dengan batu.

Untuk meredakan massa, polisi kemudian menembakkan water canon dan gas air mata. Sebagian massa mulai bergerak mundur. Namun masih ada yang bertahan.

Pada sore hingga malam tadi, LBH Jakarta dan YLBHI menggelar acara “Asik Asik Aksi: Indonesia Darurat Demokrasi”.

Acara itu sebagai bentuk protes atas kegiatan diskusi tentang Sejarah 65 yang dilakukan di Gedung YLBHI, yang dianggap dihentikan paksa oleh pihak Kepolisian. Pihak LBH Jakarta dan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz telah membantah kegiatan itu terkait PKI. (sop)