Informasi Berita, Menarik dan Terhangat

Mau Mengadukan Pemerintah Daerah? Tinggal Hubungi SaPa

“Ini merupakan sarana bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan berkaitan dengan jalannya roda pemerintahan baik pusat maupun daerah”

BaskomNews.com – Buat warga Karawang, Anda kini dapat mengadukan langsung terkait penyimpangan atau permasalahan negatif lainnya terkait pemerintah daerah ke Kementerian Dalam negeri (Kemendagri). Caranya, sangat mudah, anda tinggal menghubungi Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA).

SaPa, berupa aplikasi yang bisa diakses melalui ponsel pintar (smartphone), media sosial twitter dan facebook atau dengan mengunjungi laman www.sapa.kemendagri.go.id.

“Program itu merupakan sarana bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan berkait an dengan jalannya roda pemerintahan baik pusat maupun daerah,” ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Arief M Edie, Jumat (15/9/2017).

Program SaPA ini sudah diunduh sebanyak 103.538. Artinya, kata Arief, memang banyak orang yang ingin mengadukan masalah-masalah di berbagai daerah.

“Dari persentase 100 pengaduan 80 diantaranya adalah soal e-KTP. Contohnya e-KTP belum jadi, nomor NIK belum tergistrasi, pembuatan e-KTP masih dipungut bayaran, blanko habis dan lain-lain,” jelas Arief.

Setiap bulannya, lanjut  Arief, pengaduan masyarakat yang disampaikan melalui aplikasi SaPA ini cukup tinggi sekitar 600 sampai 700, belum yang datang langsung atau melalui surat. “Jika terkait dengan teknis tentu kita sampaikan kepada komponen untuk menjawabnya,” katanya. (don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *