Ini Dia Kecamatan Jawara Tunggakan Duit Raskin di Karawang

oleh -

BaskomNews.com – Angka tunggakan pembayaran beras miskin (raskin) 2017 dari kecamatan-kecamatan di Karawang kepada Bulog cukup fantastik, yakni sebesar Rp 2,3 miliar. Dari 30 kecamatan di Karawang, tunggakan terbesar ada di Kecamatan Jayakerta, sebesar Rp 110 jutaan.

“Pendistribusian raskin ke desa-desa di Karawang agak tersendat, karena masih ada beberapa kecamatan yang menunggak dalam setoran pembayaran Raskin,” ujar Kabulog Karawang, Muhammad Syaukani, saat pemaparan dalam Rapat Evaluasi Percepatan Penyaluran Raskin, di ruang rapat Bupati Karawang, Senin (12/9/2017).

Dalam pemaparannya itu disebutkan, dari 30 kecamatan yang ada di Karawang, tunggakan terbesar ada di Kecamatan Jayakerta, sebesar Rp 110 jutaan.

“Proses penyetoran pembayaran Raskin dimulai dari panitia penyaluran Raskin di tingkat desa, kemudian ke kecamatan. Dari kecamatan, barulah ditransfer ke Bulog,” jelasnya.

Meski dalam gelaran rapat itu Kabulog tidak merinci secara detail nama-nama kecamatan penunggak, namun BaskomNews.com berhasil mendapatkan data kecamatan penunggak Raskin 2017 itu.

Dari data itu, tertera kalau tunggakan setoran pembayaran Raskin itu mandeg di beberapa desa di kecamatan tersebut, yakni, Desa Ciptamarga Rp18.048.000, Desa Jayakerta Rp 16.152.000, Desa Kampungsawah Rp 21.768.000, Desa Kemiri Rp 19.800.000, Desa Kertajaya Rp 13.248.000, dan Desa Medangasem Rp 21.192.000.

Sebelumnya diberitakan, Bulog Karawang mendapat kendala dalam pendistribusian beras miskin (Raskin) untuk tiga bulan jelang akhir tahun 2017 ini. Kendala itu bersumber dari banyaknya kecamatan yang belum menyetorkan pembayaran raskin. Tunggakan itu besarannya sangat fantastis, yakni Rp 2,3 miliar.

Data utang Raskin ini muncul dalam Rapat Evaluasi Percepatan Penyaluran Raskin, di ruang rapat Bupati Karawang, Senin (12/9/2017). Dalam rapat yang dihadiri oleh Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari beserta Kepala Bulog Karawang, Muhammad Syaukani, berikut para camat se-Karawang itu, mencuat kalau pendistribusian raskin tersendat oleh adanya tunggakan dari beberapa kecamatan.

(BACA: Amazing! Utang Raskin Karawang Mencapai Rp 2,6 Miliar)

“Tunggakan ada di beberapa kecamatan. Yakni Jayakerta, Banyusari, Pakisjaya, Cilamaya wetan,” ujar Kabulog Karawang, Muhammad Syaukani, saat pemaparan dalam rapat tersebut. (SID)