Pilgub Jabar 2018, Demokrat, PAN dan PPP Bentuk Poros Koalisi Baru

oleh -
Ketua Demokrat,PAN dan PPP Jabar, saling berjabat tangan

BaskomNews.com – Gaung Pilgub Jabar kian nyaring. Partai-partai besar kian bermanuver untuk menjadi pemenang, tentu saja dengan figur yang diusungnya. Dan untuk sukses di perhelatan ini, tiga partai politik Demokrat, PAN dan PPP sepakat membentuk poros koalisi baru.

“Kita sepakat untuk berkoalisi dan membentuk poros di Pilgub Jabar 2018. Kesepakatan ini muncul setelah melakukan tiga kali pertemuan. Namun kesapakatan ini belum dideklarasikan karena muncul klausul baru yang belum masuk dalam draf nota kesepahaman,” ujar Ketua DPD Demokrat Jabar, Iwan Sulandjana saat ditemui usai pertemuan dengan PAN dan PPP di kantor PAN, Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung, Jumat (8/9/2017)

Siapa yang akan diusung poros ini di Pilgub Jabar? Menurutnya hingga saat ini belum membicarakan figur yang akan diusung. Pasalnya ketiga partai masih akan menggodok dan menentukan kriteria figur yang cocok untuk memimpin Jabar mendatang.

“Kita akan cari kriteria untuk calon dulu, kalau sudah ada baru dicari siapa yang cocok. Jadi masih terbuka untuk siapapun (calon) untuk saat ini,” ucapnya.

Dia mengatakan kemungkinan besar mengusung figur baru nantinya. Sebab, sambung dia, pihaknya ingin menawarkan figur lain selain yang selama ini sudah muncul di bursa calon.

“Kalau kita melihat para pengamat, sepertinya di Jabar difokuskan orang tertentu saja. Kita melihat yang beredar, begitu banyak tetapi mereka dipandang sebelah mata,” kata Iwan.

Ketua DPW PAN Jabar Hasbullah mengatakan segera melakukan pertemuan untuk mengkonsolidasikan terkait kerjasama di tingkat daerah. Sekaligus mengkaji kriteria calon untuk Pilgub Jabar.

“Sepakat bappilu masing-masing partai bertemu, salah satunya mengsinkronisasikan pilkada di daerah. Tim ini juga akan membuat kriteria calon (Pilgub Jabar) kira-kira kalau punya mimpi figur siapa yang mampu,” kata Hasbullah. (don)